Tingkatkan Daya Saing Dosen, Unmer Gelar Seminar Nasional Informasi

MALANG KOTA – Prof. Ocky Karna Radjasa, Msc, PhD, Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat Dikti mendorong para dosen untuk lebih menggiatkan budaya menulis dan publikasi. Hal itu disampaikan saat menghadiri acara Senasif (Seminar Nasional Informasi) di Universitas Merdeka Malang, Kamis, (9/8).

Menurut dia, menyambut revolusi industri, peneliti harus mengutamakan inovasi untuk mendukung perkembangan pembangunan di Indonesia. “Peringkat publikasi di wilayah Asia Tenggara, Indonesia telah meningkat pada posisi 2. Hal ini harus menjadikan acuan bagi para dosen untuk lebih menggiatkan budaya menulis dan publikasi,” ujarnya.

Ia menambahkan, pada 2018 Dikti akan memberikan prioritas riset di bidang pengabdian masyarakat. “Dikti sedang menyusun standarisasi penelitian beserta outputnya. Saya sedang mencari 200 peneliti Indonesia yang bisa menghasilkan publikasi itu. Targetnya publikasi itu bisa dijadikan referensi bagi orang lain,” imbuhnya.

Selain itu, Prof Dr Anwar Sanusi, SE MSi, Rektor Unmer Malang menambahkan, melalui Senasif artikel yang berkaitan dengan ekonomi kreatif diharapkan dapat berkembang lebih baik. “Salah satu penyumbang terbesar ini adalah sektor ekonomi kreatif, tentunya bidang ini saya harapkan dapat dikembangkan lebih lanjut,” harap Anwar.

Fikri Amrullah SKom MKom, Dekan Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Unmer mengatakan, gelaran Senasif menadapatkan respons positif dari peserta seluruh Indonesia. “Senasif kami gelar untuk membahas isu – isu penting tentang perkembangan hasil penelitian yang berpengaruh terhadap elemen peningkatan daya saing di Indonesia,” katanya.



Diketahui acara yang digelar FTI Unmer Malang tersebut telah diikuti oleh dosen – dosen seluruh Indonesia, dan juga LPM wilayah Malang Raya, serta mahasiswa pasca sarjana seluruh Indonesia. Selain mengikuti seminar, peserta juga mempresentasikan paper.

Pewarta: Arifina
Penyunting: Kholid Amrullah
Fotografer: Arifina