Time to Say Goodbye, BlackBerry Messenger Ucapkan Salam Perpisahan

MALANG – BlackBerry Messenger atau yang biasa kita kenal dengan nama BBM akan berhenti beroperasi pada 31 Mei 2019 Mendatang. PT Elang Mahkota Technologi Tbk (EMTK) selaku developers BBM secara resmi mengumumkan penghentian operasi aplikasi pesan instant yang sempat populer di tahun 2000-an, di era menjamurnya Handheld merk BlackBerry.

“Hari ini kami mengumumkan bahwa BBM akan berhenti beroperasi pada 31 Mei 2019,” tulis artikel dalam laman resmi tersebut.

Kabar berhenti beroperasinya BBM ini diumumkan langsung lewat laman resmi BBM di blog.bbm.com.

“Tiga tahun lalu, kami mengawali perjalanan untuk memperbaharui BBM, salah satu aplikasi pesan instan yang paling dicintai. Kami berambisi menghadirkan sebuah layanan lintas-platform yang memungkinkan pengguna untuk tak hanya berkirim pesan dan berbagi cerita, tetapi juga menikmati berbagai konten dan bahkan membayar aneka tagihan,” lanjut pengumuman dalam laman tersebut.

Laman tersebut juga mengungkap BBM sudah mencurahkan hati dan tenaga untuk mewujudkannya dan mengaku bangga atas apa yang telah berhasil dicapai hingga saat ini.

“Namun, tak dapat dipungkiri, industri teknologi begitu dinamis. Walau kami telah mengerahkan berbagai upaya, banyak pengguna memilih beranjak ke platform lain, sementara pengguna baru sulit untuk didapat,” tulisnya.

“Walaupun berat, kini telah tiba waktunya untuk kami pun beranjak. Kami mengucapkan terima kasih pada para pengguna, mitra, dan karyawan kami yang telah menjadi bagian dari BBM selama ini. Dukungan Anda sangat berarti bagi kami,” lanjut pengumuman dalam laman tertajuk Time to Say Goodbye yang sudah ditranslate ke dalam berbagai bahasa tersebut.

“Kami harap Anda akan terus mengenang berbagai memori indah bersama BBM yang telah turut membentuk masa depan platform pesan instan hingga hari ini,” tutupnya.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: BBM
Penyunting: Fia