Tim Sepakbola Muda yang Terjebak di Gua Butuh Pemulihan dari Trauma

Tim Sepakbola Muda yang Terjebak di Gua Butuh Pemulihan dari Trauma

JawaPos.com – Terjebak dalam gua tanpa oksigen yang cukup, tanpa makanan, dan air bersih pasti sangat sulit. Kedua belas remaja anggota tim sepakbola Wild Boars dan seorang pelatihnya mampu melalui masa sulit tersebut selama 18 hari lamanya.

Meskipun terperangkap dalam ruang sempit yang sebagian terendam air selama berhari-hari, kondisi psikologis 12 remaja tersebut dinyatakan sangat baik. Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan Umum, Thongchai Lertwilairatanapong mengatakan, mereka sekarang bebas dari stres.

Mereka telah mengarungi medan-medan berbahaya untuk berhasil keluar dengan selamat dibantu tim penyelamat. Para remaja tersebut bahkan harus dipandu satu-persatu menggunakan alat bantu pernapasan untuk berenang melewati genangan air yang membanjiri gua.

Anak-anak harus menyelam di gua untuk bisa keluar (Deeper Blue)

Masalah kesehatan psikis kedua belas remaja tersebut masih perlu diawasi dengan ketat dan dapat memakan waktu berbulan-bulan untuk mengetahui tanda-tanda tekanan yang mungkin nanti akan timbul karena trauma. Psikolog Klinis di Pusat Oxford untuk Gangguan Kecemasan dan Trauma Jennifer Wild mengatakan, perjalanan mereka belum berakhir.



“Hal itu mungkin akan terjadi pada kejadian serupa yang membawa perasaan atau trauma yang sama. Seperti saat berada di kegelapan, berada di kamar ketika pintu ditutup dan trauma melakukan scan MRI ataupun mungkin berenang,” kata Wild seperti dilansir Japan Today pada Rabu, (11/7).

Oleh karena itu para remaja tersebut diharapkan menghabiskan seminggu di rumah sakit di Chiang Rai untuk sementara. Mereka juga diminta menjalani enam bulan pemantauan psikologis.

Dokter mengatakan, pada periode karantina selama seminggu diperlukan untuk memastikan mereka tidak mengidap infeksi apa pun dari dalam gua.

(trz/JPC)