Tim Putri Berjaya, Tim Putra Kalah

MALANG KOTA – Pertandingan Loop 3×3 Competition tak kalah seru dengan laga basket Honda DBL East Java Series 2017–South Region. Persaingan berebut juara sangat terasa. Seperti ambisi tim putri SMA Negeri 8 Malang (A) melawan SMA Santo Albertus Malang, dan tim putra SMA Santo Albertus Malang (C) melawan SMA Negeri 1 Glagah, Banyuwangi (A).

Kejutan diberikan tim putri SMA Santo Albertus. Mereka bisa mengalahkan tim putri SMAN 8 Malang yang sebelumnya dijagokan juara dengan skor 2-3. Namun, tim putra SMA Santo Albertus harus takluk dari SMAN 1 Glagah 3-5.

Dhanny Harahap, pelatih tim putra dan putri Loop 3×3 SMA Santo Albertus Malang menyatakan, hasil dari tim putri ini big surprise. ”Karena, sebelumnya kami sempat ketakutan jika harus berhadapan dengan SMAN 8,” katanya.

Menurutnya, ada tiga pemain yang memang pantas perlu diwaspadai. ”Karena mereka punya postur tubuh yang tinggi, kami bisa redam mereka. Block anak-anak bagus, pressing terus, akhirnya kami bisa menang,” ujarnya. ”Hasil dari tim putri ini pun di luar prediksi kami,” tambah Dhanny.

Sementara untuk kekalahan tim putra, dia menyebutkan, pemainnya terlalu overconfidence. Sehingga, skema yang dilakukan selama latihan tidak berjalan. ”Pemain masih terlihat terburu-buru. Passing sering error. Ini yang langsung direspons lawan,” imbuhnya.

Hasil ini, lanjut dia, menjadi bahan evaluasi. ”Saat ini, untuk tim putri, kesempatan terbuka lebar. Kami akan manfaatkan ini,” tandas Dhanny.

Sementara itu, pelatih tim Loop 3×3 SMAN 1 Glagah Dadang Mubin menyatakan, meski menang, dia masih tidak puas dengan hasil yang diraih tim putra kali ini. ”Anak-anak masih belum main dengan strategi saat latihan,” terangnya. Pemainnya, lanjut Dadang, masih bermain individualis. ”Mereka masih terlihat mempunyai ego sendiri-sendiri. Team work masih belum terlihat,” pungkasnya.

Pewarta: Aris Dwi
Penyunting: Irham Thoriq
Copy Editor: Arief Rohman
Foto: Bayu Eka