Tim PKM Unikama Ajak Pengusaha Jamu Sinom dan Beras Kencur Berinovasi

PASURUAN – Tim Pelaksana Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Ngembal, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan.

Di desa tersebut, tim yang beranggotakan dosen-dosen Unikama itu mencoba mengembangkan usaha sinom dan beras kencur milik warga. Seperti usaha yang dilakukan oleh Erni, 39.

“Ibu Erni ini usahanya bagus. Punya potensi untuk berkembang, namun karena kurangnya alat produksi dan inovasi jadi usaha tersebut tidak mengalami perkembangan,” tutur ketua tim PKM Unikama, Rosita Dwi Ferdiani, ST, SPd, MPd.

Untuk itu, Rosita mengatakan, tim PKM Unikama memberikan solusi dengan menyediakan alat produksi beruoa tangki 25 liter, alat pemanas kompor dan mesin penggiling jamu.

“Kami juga mengadakan pelatihan guna mengembangkan usaha. Di antaranya pelatihan Kemasan Produk dan Pelabelan Produk, pelatihan manajemen pemasaran dan pelatihan Desain web,” papar Rosita.

Rosita juga berharap alat produksi diberikan mampu mempercepat produksi jamu sinom dan beras kencur. “Dan juga hasil produksi akan lebih higenis dan menghemat biaya produksi,” imbuh dosen Prodi Pendidikan Matenatika itu.

Sementara untuk pelatihan yang pihaknya adakan, Rosita berharap agar pengusaha mampu berinovasi dengan membuat kemasan yang lebih praktis dan layak dipasarkan.

“Semula hanya botol saja. Kan itu tidak praktis. Makanya kita latih pengusaha untuk membikin kemasan yang lebih kekinian dan praktis, yakni kemasan cup berukuran 120 ml,” ujarnya.

Untuk diketahui, kegiatan PKM ini dilaksanakan dengan dukungan pembiayaan dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jenderal (Ditjen) Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti).

Sementara untuk timnya, selain Rosita ada pula dua dosen lainnya dari Unikama. Yakni Udik Yudiono, S.E, M.Pd (dosen Pendidikan Ekonomi) dan Tatik Retno M. S.Si, M.Pd (dosen Pendidikan Matematika).

Pewarta: Bob Bimantara Leander
Foto: Istimewa
Editor : Indra M