Tim Malvocs Wakili Jatim di FLS2N Nasional

KEPANJEN – Satu lagi prestasi membanggakan berhasil ditorehkan siswa-siswi SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Tim Shine Cinema dari sekolah berbasis ilmu perfilman dan videografi tersebut berhasil meraih juara I dalam Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Provinsi Jawa Timur pada 23 Juli lalu. Lewat film berjudul Padu, delegasi dari SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen mampu menyisihkan 12 peserta yang berasal dari seluruh wilayah Jawa Timur.

”Persiapannya cukup mendadak karena sebelumnya kami sama sekali tidak ada informasi akan berpartisipasi dalam FLS2N,” kata Kalya Nurul Kamaliya, produser Padu. Mengusung tema Persatuan Indonesia, film pendek yang berdurasi 10 menit 4 detik tersebut tuntas digarap perwakilan SMK Muhammadiyah 5 dalam waktu kurang dari 10 hari. Padahal untuk proses produksi film pendek pada umumnya, dibutuhkan waktu minimal selama 2 minggu.

”Pra produksi sampai produksi biasanya satu minggu, kalau kemarin hanya dua hari saja karena waktunya sudah sangat mepet,” jelas siswi kelas XI tersebut. Sementara untuk pengambilan gambar, hanya dilakukan dalam waktu satu hari saja. ”Proses penulisan naskahnya satu malam saja, lalu produksinya 1 hari dan editing-nya 1 hari, benar-benar mepet waktunya,” sambung Kalya.

Atas prestasi yang mereka raih tersebut, tim Malvocs bakal mewakili Provinsi Jawa Timur dalam FLS2N tingkat nasional yang akan diselenggarakan September di Bandar Lampung. ”Sekarang kami sedang mempersiapkan beberapa revisi sesuai dengan masukan dari panitia di tingkat provinsi kemarin,” tambah pembina Tim Shine Cinema Rudi Triono. Guru mata pelajaran editing dan visual effect SMK Malvocs itu menuturkan bahwa pihaknya bakal sedikit melakukan retake dan penyempurnaan terhadap beberapa adegan yang terdapat di dalam film Pagu.

Pewarta: Farik Fajatwati
Copy Editor: Dwi Lindawati
Penyunting: Bayu Mulya
Foto: Farik Fajatwati