Tim Kopertis Periksa Kelengkapan Dokumen Unmer-ITN

MALANG KOTA – Tim Pembinaan, Pengendalian, dan Pengawasan (Bindalwas) Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah VII mengadakan kunjungan ke Universitas Merdeka (Unmer) Malang Rabu lalu (2/8). Tim tersebut datang untuk memeriksa dokumen dan administrasi yang mendukung aktivitas lembaga perguruan tinggi tersebut.

Menurut Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan Drs Thomas Djaka Setya MSi, klasifikasi pemeriksaan terdiri atas beberapa komponen, yaitu Lembaga dan Kerjasama (Lemkerma) dan Sistem Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Diktendik). Kedua komponen tersebut sangat penting bagi nilai akreditasi perguruan tinggi. ”Kegiatan ini rutin digelar oleh Kopertis Wilayah VII Jawa Timur ke setiap perguruan tinggi,” ujarnya.

Selain itu, tim Bindalwas juga memeriksa buku pedoman akademik, sarana dan prasarana, serta jurnal perkuliahan untuk memastikan kegiatan belajar mengajar di lingkungan kampus berjalan dengan lancar.

Nantinya melalui proses pemeriksaan dan pengecekan, tim Bindalwas dapat memberikan masukan yang bermanfaat bagi Unmer Malang. ”Kita akan segera melakukan evaluasi terhadap hasil pemeriksaan tersebut sehingga mutu dan kualitas Unmer Malang makin meningkat,” ujar Wakil Rektor 1 Unmer Malang  Prof Ir Respati Wikantiyoso MSA PhD.

Selain ke Unmer, tim Bindalwas melakukan pembinaan terhadap Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Ada empat orang pengendali teknis beserta anggota datang ke Kampus Biru untuk melakukan pemeriksaan.

Penyunting: Kholid Amrullah
Copy Editor: Indah Setyowati