Tilep Dana Desa Rp 429 Juta, Kades Desa Tlogosari Masuk Bui

KEPANJEN – Paimin Purwanto, pria berusia 64 tahun yang masih aktif menjabat Kepala Desa di Desa Tlogosari, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang harus berurusan dengan Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang karena menyelewengkan Dasa Desa (DD) tahun anggaran 2017 untuk kepentingan pribadinya. Total Dana Desa sejumlah Rp 429 Juta masuk ke kantong pribadi pria yang merupakan incumbent dan terpilih kembali menjadi Kades pada Pilkades Serentak 30 Juni 2019 lalu.

Dana ini seharusnya diperuntukkan untuk kegiatan-kegiatan di Desa sesuai dengan APBDes. Seolah buta mata, oleh Paimin, uang tersebut malah ia gunakan untuk kepentingan pribadinya sendiri. “Diselewengkan oleh yang bersangkutan untuk membeli mobil pribadi, jenis Luxio,” urai Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang, Muhandas Ulimen, Kamis (11/7).

Ditemui di kantor Kejari Kabupaten Malang yang berada di Kepanjen, Paimin terlihat keluar bersama penyidik usai disidik setelah beberapa waktu lalu ditetapkan sebagai tersangka. Status menjadi Tersangka, otomatis ia pun harus mendekam di LP Lowokwaru, Kota Malang beberapa hari terakhir, dimana Hari ini, (11/7) terhitung 20 hari dirinya ditahan dan akan diperpanjang sampai 30 Juli 2019 mendatang. “Dengan status tersangka, dia sudah tiga kali kita periksa,” tutur Muhandas

Penangkapan Kepala Desa ini diungkap Muhandas bermula dari laporan warga yang kemudian ditindaklanjuti oleh pihak Inspektorat. “Kemudian ditindaklanjuti lagi oleh Kejaksaan ini,” katanya.

Menurut Muhandas ada pembangunan Balai Desa yang akhirnya urung dilakukan imbas korupsi oleh perangkat tertinggi di Desa ini. Termasuk, mobil jenis Luxio yang dibeli menggunakan APBDes dan seharusnya diatasnamakan desa, namun justru diatasnamakan pribadi. “Sehingga ya tidak masuk atas aset desa,” paparnya.



Dalam melaksanakan praktik kotor ini, pelaku diakui Muhandas tidak dibantu oleh para perangkat desa lainnya. Pelaku disangkakan melanggar pasal 2 ayat 1 juncto pasal 18 UU No 31 tahun 1999 sebagaimana diubah No 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Elfran Vido
Penyunting: Fia