Tiga WNA Diduga Punya KTP di Sumbar, Ini Kata Kepala Disdukcapil

JawaPos.com – Disdukcapil Sumatera Barat (Sumbar) cukup terkejut atas laporan adanya tiga Warga Negara Asing (WNA) yang memilik e-KTP dan masuk ke dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 di Sumbar.

“Setelah koordinasi dengan KPU, memang ada indikasi tiga WNA punya e-KTP WNA di Sumbar. Tim KPU dan Disdukcapil sedang memvalidasi hal itu,” kata Kepala Disdukcapil Sumbar Novrial membenarkan laporan tiga WNA memiliki e-KTP kepada sejumlah wartawan di Padang, Rabu (6/3).

Novrial mengatakan, saat adanya temuan WNA yang mengantongi KTP beredar di beberapa Provinsi dan Kabupaten di Pulau Jawa, pihaknya pun langsung menginventarisir data penduduk di 19 kabupaten/kota di Sumbar.

Namun, Disdukcapil Sumbar tidak ditemukan data WNA yang memiliki KTP. Pihaknya mengaku baru mengetahui tiga WNA di Sumbar itu dari laporan pihak KPU.



Disdukcapil sendiri, lanjut Novrial, tidak pernah menerbitkan KTP buat WNA. Sebab, untuk WNI saja, pihak Disdukcapil di Kabupaten/Kota masih mengalami kekurangan blanko e-KTP.

”Logikanya, kita masih kurang blanko untuk WNI. Masa kasih ke WNA,” pungkas Novrial.

Sebelumnya, KPU RI telah menerima 103 nama Warga Negara Asing (WNA) yang diduga terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu 2019. KPU mendapatkan daftar nama tersebut dari Direktorat Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementarian Dalam Negeri (Kemendagri).

Berdasarkan hasil pencermatan KPU, 103 nama itu tersebar di 17 provinsi dan 54 kabupaten/kota di Indonesia. Tiga orang WNA diantaranya ada di Sumbar dan juga masuk DPT. 

Editor           : Yusuf Asyari

Reporter      : Riki Chandra