Tiga Warga Indikasi Antraks – Radar Jember – Sinergi Jawa Pos

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Bondowoso Pasidi Sidik mengatakan, penemuan ada warga Tlogosari yang terindikasi suspek antraks diawali dari warga Tlogosari yang mengalami luka kulit, dan tak kunjung sembuh. Dari kondisi luka yang menyerupai antraks, kata dia, langsung melakukan koordinasi, dan meninjau ke lokasi untuk mengambil sample. “Pukesmas pembantu Kembang di Kecamatan Tlogosari yang awalnya mengetahui kasus ini,” terangnya. 

Di lokasi, kata dia, ada tiga warga yang terindikasi terkena antraks. Penyebab antraks tersebut dari ternak, dan kotoran hewan. Hasil suspek antraks tersebut, tiga penderita diambil spesimennya yaitu luka. Selain itu juga diambil contoh tanah untuk pemeriksaan lingkungan. “Untuk hasil lebih lanjutnya masih menunggu hasil laboratorium,” terangnya.

Sementara, Dinas Pertanian Bondowoso melalui Bidang Kesehatan Hewan memeriksa hewan ternak sekitar. “Kami memeriksa manusianya, sedangkan hewan itu dari peternakan Disperta Bondowoso,” ujarnya. Selanjutnya, kata Pasidi, hari ini akan dilakuan pencarian kasus tambahan seara gabungan Dinkes Bondowoso, Jatim serta Dinas Peternakan Jatim serta Bondowoso. 

(jr/dwi/wah/das/JPR)



Source link