Tiga Rekomendasi Kuliner Rawon Di Kota Malang, Nikmatnya Mantul!

Rawon Rampal

KOTA MALANG – Akhir pekan kemana? Jika belum ada rencana, berburu kuliner di Kota Malang patut dicoba. Pasalnya, tak hanya bakso yang terkenal sebagai kuliner andalannya. Ada juga deretan rawon yang tak kalah enak.

Fajarayu, 22, mengatakan, selain rasanya yang mantul (mantap betul) beberapa tempat kuliner rawon juga legendaris.

“Yang rekomended dan masuk daftar list saya itu misal Rawon Nguling, Rawon Rampal sama Rawon Tessy yang ada di dekat stasiun itu,” tutur mahasiswi asli Malang yang memang hobi berburu kuiner tersebut.

Berdasarkan penelusuran radarmalang.id, Rawon Nguling, memang sudah tak asing lagi di telinga. Ya, menu yang ditawarkan oleh rumah makan di Jalan Zainul Arifin no.62, Kiduldalem, Klojen, Kota Malang itu tak hanya jadi favorit warga lokal. Bahkan wisatawan dari luar kota Malang.

Rawon ini buka sejak pukul 7 pagi hingga 15.30. Setiap kali Anda memesan makanan, mereka akan menyertakan sepiring penuh lauk-pauk seperti mendol (olahan tempe khas Malang), babat, paru, perkedel, dan sebagainya yang bisa dipilih sesuai selera.



Dibandingkan rawon lain, Rawon Tessy bisa jadi rekomendasi buat Anda yang kebetulan berwisata ke Malang dengan kereta api. Lokasinya cukup dekat. Hanya perlu berjalan kaki sekitar 300 meter ke arah selatan.

Berbeda dengan rawon kebanyakan, menu di rumah makan yang buka jam 07.00 sampai 20.00 ini, cenderung berwarna kecoklatan. Kuahnya juga tidak terlalu kental. Meski demikian, Rawon Tessy ini banyak diminati, apalagi dengan pilihan lauk yang beragam.

Selanjutnya, Rawon Rampal. Berlokasi di Jalan Panglima Sudirman No.71A, rawon yang hanya buka dari jam 07.00 sampai 14.00 ini cukup melenda.

Yaps, diketahui berdiri sejak 1957, rawon racikan sang pendiri, almarhumah Mbah Syari’ah ini nyaris tak pernah sepi pembeli. Rawon Rampal ini punya cita rasa yang khas pada bumbu kluweknya. Ditambah dengan potongan daging empal yang diracik dengan gurihnya kuah kaldu.

Pewarta : Feni Yusnia
Foto : Istimewa
Penyunting : Fia