Tiga Pilihan Cat Rumah yang Tepat

JawaPos.com – Memilih cat untuk interior rumah terkadang membuat bingung karena banyaknya pilihan. Cat warna putih adalah warna paling aman dan standar digunakan, akan tetapi bagi yang bosan dan ingin berkreasi, bermain dengan warna cat lain bisa menjadi pilihan.

Pemilihan cat ruangan di dalam rumah juga bisa ditentukan berdasarkan makna seni yang terkandung di dalamnya. Di tangan seorang seniman, menurut Founder Kala Art Dellanie Lukman, warna cat rumah bisa dipilih berdasarkan preferensi atau kesukaan masing-masing orang.

“Tergantung peruntukannya. Preference masing-masing. Saya sendiri alirannya lebih naturalis, maka paling suka dengan warna-warna pemandangan,” kata Dellanie baru-baru ini kepada JawaPos.com.

Berikut ini beberapa pilihan warna cat di tiap ruangan dalam rumah berdasarkan makna seni di dalamnya:



1. Ruang Tamu
Warna-warna di ruang tamu biasanya menggunakan warna-warna menyejukkan atau netral seperti putih, cokelat muda, atau hijau muda. Warna ini bisa menghadirkan rasa nyaman untuk pemilik rumah maupun tamu yang datang berkunjung.

2. Ruang Makan dan Dapur
Ruang makan lebih baik menggunakan cat warna-warna cerah dan hangat. Misalnya yang mengandung warna kuning, emas, dan merah. Sebaiknya tidak menggunakan cat berwarna pink untuk ruang makan, karena rupanya warna pink bisa mengurangi selera makan.

“Pink ada hubungannya dengan efek ke selera makan. Malah bisa mengurangi nafsu makan. Kebanyakan resto menggunakan warna-warna hangat. Kalau pakai warna pink nanti malah enggak nafsu makan,” ungkap Dellanie.

Untuk dapur, Dellanie tak terlalu banyak menyarankan pemberian warna cat. Menurutnya dapur lebih baik diperbanyak dengan pernak-pernik atau hiasan bunga dan buah.

3. Kamar Tidur
Mirip seperti ruang tamu, warna cat di kamar tidur sebaiknya memilih warna-warna yang membuat sejuk. Misalnya biru muda, hijau muda, dan putih. Warna-warna ini diyakini membuat tidur bisa lebih nyenyak.

Dilansir dari Real Simple, Jumat (28/6), memilih warna untuk berbagai ruang di rumah memang tak mudah. Setiap orang akan memiliki pendapat dan interpretasi sendiri.

Orang-orang dengan segala macam pengalaman desain dan dekorasi lebih banyak menggunakan internet untuk mendapatkan inspirasi, ide, info belanja, dan banyak lagi yang berhubungan dengan dekorasi rumah. Ada beberapa warna cat yang belakangan ini paling digemari, di antaranya:

1. Metropolitan
Dinobatkan sebagai color of the year Benjamin Moore, warna ini membuat membuat ruang apa pun terasa sedikit lebih futuristik dan menimbulkan kesan canggih.

2. Mawar Emas
Menangkap kilau emas mawar yang halus bisa diaplikasikan dengan cat. Warna seperti mawar dengan unsur merah merah muda ceria bisa membuat suasana rumah lebih segar.

3. Krim Mentega
Seperti rasa mentega, sedikit manis, sedikit asin, dan pas untuk ruangan yang mendapat banyak cahaya alami. Warna cat ini bersifat netral yang bisa dipadukan dengan cat lainnya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Marieska Harya Virdhani