Tiga OPD Jadi Tulang Punggung Pemkot

KOTA BATU – Meski libur pasca-Lebaran tahun ini terbentang cukup panjang, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko meminta agar pelayanan masyarakat tak terhambat. Secara khusus, dia meminta kepada beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) untuk mengatur jadwal piket demi kenyamanan wisatawan yang datang ke Kota Batu. ”Saya minta libur panjang atau libur Lebaran ini harus ada yang piket. Khususnya dinas yang bertugas untuk pariwisata, jalan, dan keamanan,” tegas Dewanti beberapa waktu yang lalu.

Petugas dari dinas perhubungan, dinas pariwisata, dan Satpol PP Kota Batu dipastikan bakal bekerja lebih awal. ”Jika sebelumnya belum ada piket, saya minta di bawah kepemimpinan saya ada. Ini demi pariwisata di Kota Batu supaya lebih maju. Supaya wisatawan yang datang ke Kota Batu juga merasa nyaman,” sambung Dewanti.

Gayung bersambut, tiga OPD tersebut memang sudah mempersiapkan diri sejak jauh-jauh hari. Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu misalnya. Upaya mempersiapkan sejumlah wahana wisata sudah dilakukan sebelum Lebaran lalu. Kepala Disparta Kota Batu Imam Suryono optimistis bila di momen libur Lebaran tahun ini, Kota Batu bakal kedatangan tak kurang dari 750 ribu wisatawan. ”Kami berharap pengelola wisata tepat waktu dalam menyerahkan laporan kunjungan, karena itu berkaitan dengan pendapatan asli daerah (PAD) kami nantinya,” terang Imam.

Selain wahana wisata di Jatim Park Group, pihaknya juga mulai aktif mempersiapkan spot-spot desa wisata. Beberapa waktu yang lalu, disparta juga membuat event Hias Kampung 2019. ”Tujuannya supaya kampung-kampung di Kota Batu berbenah. Muaranya juga untuk kenyamanan wisatawan,” sambung Imam.

Upaya untuk menambah kenyamanan wisatawan juga sudah ditunjukkan dinas perhubungan (dishub). Secara khusus, Kepala Dishub Kota Batu Susetya Herawan memastikan bila pihaknya bakal memaksimalkan fasilitas baru berupa closed circuit television (CCTV). Ada 12 titik yang sudah dipasang kamera CCTV tersebut.



Beberapa titik di antaranya terletak di di perempatan Arhanud, pertigaan Pendem, simpang lima Junrejo, dan alun-alun. ”CCTV itu kami gunakan untuk memantau setiap peristiwa yang terjadi di jalanan. Termasuk untuk memantau peningkatan volume kendaraan,” terang Susetya.

Hasil dari pantauan tersebut bakal dikoordinasikan dengan Satlantas Polres Batu. Sehingga rekayasa lalu lintas saat volume kendaraan membeludak bisa dilakukan. ”Ya kami belajar dari libur Lebaran tahun lalu. Untuk tahun ini kami akan maksimalkan sarana dan prasarana yang ada,” sambungnya. Khusus untuk momen libur Lebaran tahun ini, pihaknya bakal menyiagakan petugas di lima titik pos pengamanan.

Di tiap pos pengamanan, ada petugas lain. Seperti dari Satlantas Polres Batu, perwakilan rumah sakit, Satpol PP, dan PMI Kota Batu. Sistem piket pun diterapkan dishub kepada petugasnya. Hal serupa juga diterapkan Satpol PP. Sejumlah fasilitas pemerintahan bakal tetap dijaga mereka selama masa libur.

Pewarta : Mochamad Sadheli, Miftahul Huda
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Bayu Mulya