Tiga Komandan Dirotasi

KABUPATEN – Pergantian tongkat komando satuan di bawah Divisi Infanteri 2/Kostrad kembali digelar. Hari ini (3/8) dijadwalkan ada tiga komandan satuan di bawah Divif 2/Kostrad yang dirotasi, yakni Komandan Brigade Infanteri Raider 9 Kostrad, Komandan Brigade Infanteri 18 Para Raider Kostrad, dan Komandan Resimen Artileri Medan 1 Kostrad.

Serah terima jabatan (sertijab) tiga komandan itu dipimpin langsung oleh Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 2/Kostrad Mayjen TNI Tri Yuniarto di lapangan Sapta Marga Madivif 2/Kostrad, Singosari, Kabupaten Malang.

Danbrigif Raider 9 Kostrad yang sebelumnya dijabat oleh Kolonel Inf Robby Suryadi, kini digantikan oleh Letkol Inf Andreas Nanang Dwi Prastowo.

Sementara jabatan Danbrigif Para Raider 18 Kostrad yang sebelumnya diemban oleh Kolonel Inf Bangkit Rahmat Tri Widodo diserahkan kepada Letkol Inf Roynald Sumendap.

Sedangkan jabatan tertinggi di satuan Resimen Armed 1 Kostrad yang sebelumnya ditempati Kolonel Arm Rama Hendarto Budhiyanto bergulir kepada Letkol Arm Didik Harmono.

Selain komandan satuan, di kesempatan yang sama, Pangdivif 2 Kostrad juga melaksanakan serah terima jabatan pejabat baru di lingkungan Madivif 2/Kostrad.

Bertempat di Gedung Sandoyo, para pejabat baru yang bakal menempati posisi strategis di Divif 2 Kostrad di antaranya Asisten Intelijen Kepala Staf Divif 2/Kostrad yang sebelumnya dijabat oleh Kolonel Inf Putra Widyawinaya digantikan oleh Letkol Inf Hendriawan Senjaya.

Sementara Asisten Operasi Kepala Staf Divif 2/Kostrad yang sebelumnya dijabat oleh Kolonel Inf Jarot Suprihanto digantikan oleh Letkol Inf Septa Viandi Dwi.

Sedangkan Komandan Detasemen Perhubungan yang sebelumnya dijabat oleh Mayor Chb Bambang Agung Prasetyo digantikan oleh Letkol Chb Agung Budi Purnomo. Sementara jabatan Komandan Detasemen Markas dijabat Letkol Inf Arif Kurniawan.

Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Tri Yuniarto menyatakan, rotasi di lingkungan satuan merupakan hal biasa. Rotasi menjadi salah satu proses pembinaan organisasi.

”Sekaligus upaya regenerasi dan kesinambungan kepemimpinan guna mendorong semangat pembaruan dan penyegaran. Ini untuk peningkatan kinerja organisasi,” kata jenderal dengan dua bintang di pundaknya tersebut.

Dia menuturkan, tantangan tugas prajurit TNI akan semakin kompleks. Globalisasi dalam aspek kehidupan prajurit maupun keluarga, serta dinamika potensi sumber daya manusia (SDM) yang semakin maju menjadi tantangan tersendiri.

”Pada hakikatnya, ancaman yang dihadapi oleh satuan maupun prajurit TNI berubah dari hari ke hari,” sambung alumnus Akademi Militer tahun 1989 tersebut.

Oleh karena itu, tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh komandan satuan harus disikapi dengan totalitas. ”Tentunya juga harus didasari pengabdian yang berpegang teguh pada Budhi Bhakti Wira Utama, menjunjung tinggi etika, dan moral keprajuritan. Visioner serta tetap mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa,” bebernya.

Turut hadir pada acara sertijab Kepala Staf Divif 2 Kostrad, Asren Divif 2 Kostrad, para Asisten Kasdivif 2 Kostrad, unsur Forkopimda Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu, para Komandan Satuan Jajaran Divif 2 Kostrad serta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Divif 2 PG Kostrad beserta pengurus.

Pewarta : Farik Fajarwati
Copy Editor : Dwi Lindawati
Penyunting : Mahmudan