Tiga Away, Tiga Pulau Terlampaui

MAKASSAR – Arema FC tidak punya waktu berlama-lama berada di Makassar. Pasca melawan PSM Makassar kemarin malam (16/10), Makan Konate dan kawan-kawan (dkk) hari ini (17/10) langsung terbang ke Samarinda.

Para penggawa Singo Edan langsung melakukan persiapan melawan Persipura Jayapura yang berlangsung di Stadion Aji Imbut, Tenggarong (20/10). Arema memilih Kota Tepian–julukan Samarinda, untuk menghadapi Persipura Jayapura.

Laga away pun, masih belum berakhir. Sebab, pasca melawan Mutiara Hitam–julukan Persipura Jayapura, Arema rencananya bakal langsung hijrah ke Bogor, untuk menghadapi PS TIRA Persikabo (24/10).

Tiga laga away ini pun yang terpanjang dihadapi Arema di Liga 1 tahun ini. Sebab, tiga pulau terlampaui: Pulau Sulawesi saat menghadapi PSM Makassar, Kalimantan saat melawan Persipura, dan Pulau Jawa saat menantang PS TIRA Persikabo.

Menurut Dokter Tim Arema FC dr Nanang Tri Wahyudi SpKO, tiga away sekaligus dalam sekali jalan ini lebih ideal. Daripada sekali away kemudian kembali ke Malang, dan melakoni perjalanan lagi.

”Karena ketika harus pulang (Malang) kemudian bertolak ke tempat lain, kesempatan recovery untuk para pemain akan berkurang,” ungkapnya. Apalagi, jelas Nanang, jika melihat jadwal dari pertandingan satu ke yang lainnya cukup mepet.

Sedangkan, perjalanan harus antarpulau. ”Jadi lebih baik beruntun. Toh, pemain juga bisa berlatih di sini (tempat tuan rumah),” tutur dokter alumnus Universitas Indonesia itu. Dengan begitu, diharapkan Hendro Siswanto bisa punya fisik yang prima saat menghadapi laga.

General Manager Arema FC Ruddy Widodo menambahkan, langsung melakoni tiga away adalah opsi yang telah disepakati bersama. ”Dengan langsung menjalani tiga lawatan menjadi satu rangkaian, akan sangat baik untuk persiapan,” jelasnya.

Seperti hari ini, jika Arema sudah di Samarinda, maka akan punya persiapan waktu tiga hari sebelum pertandingan melawan Persipura. Dipilihnya Samarinda sebagai tempat hijrah bukan tanpa alasan.

Selain karena fasilitas di Kota Tepian itu cukup lengkap, jarak dengan stadion Aji Imbut, venue pertandingan menghadapi Persipura, juga cukup dekat. ”Kami matangkan persiapan di Samarinda jadinya,” lanjut pria asal Madiun itu.

Setelah lawan Persipura, Ruddy menjelaskan, nantinya juga akan langsung bersiap untuk melawan PS TIRA Persikabo. Hanya saja, saat ini pihaknya masih menunggu kepastian venue pertandingan. ”Kalau fix (main di Stadion Pakansari) di Bogor, kami (dari Samarinda) akan ke Bogor,” kata dia.

”Namun, kalau tidak jadi main di Bogor kemungkinan akan ke Bantul (Stadion Sultan Agung), karena kandang mereka (PS TIRA Persikabo) yang kedua kan di Bantul,” imbuh Ruddy. Dipilihnya tiga away sekali jalan ini juga karena bisa menekan pengeluaran tim.

Pelatih Arema FC Milomir Seslija menyebut, tidak mudah untuk bisa menjaga performa di tiga laga away sekaligus. ”Namun kami sudah melakukan persiapan sebelumnya,” kata Milo. Dia pun berharap, tidak ada pemain yang cedera.

Pewarta : nr9
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Aris Dwi Kuncoro