Tidak Hanya Sedih atau Gembira, Ada Puluhan Jenis Ekspresi Lain

’Kami ingin menyoroti keseluruhan emosi yang mewarnai dunia batin kita,’’ kata si peneliti Alan Cowen tentang penelitian tersebut, yang dipublikasikan di Prosiding National Academy of Sciences.

Untuk penelitian tersebut, Cowen dan rekannya Dacher Keltner meminta lebih dari 800 peserta untuk secara bebas melaporkan atau menilai emosi yang mereka rasakan setelah menonton 30 klip video pendek.

Klip-klip tersebut berisikan adegan seperti kelahiran, bayi, pernikahan, proposal, kematian, penderitaan, laba-laba, ular, aksi berisiko, tindakan seksual, bencana alam, alam yang menakjubkan, dan jabat tangan yang canggung. ’’Tanggapan mereka mencerminkan susunan emosional yang kaya dan bernuansa, mulai dari nostalgia hingga perasaan ‘kotor’,’’ kata Cowen.

Hasilnya, Cowen dan tim membedakan ekspresi tersebut menjadi kekaguman, pemujaan, apresiasi, hiburan, kemarahan, kegelisahan, kekaguman, kecanggungan, kebosanan, ketenangan, kebingungan, penghinaan, keinginan, kekecewaan, jijik, rasa sakit, empati, entusiasme, rasa iri hati, kegembiraan, ketakutan, rasa bersalah, horor, minat , sukacita, nostalgia, kebanggaan, kelegaan, percintaan, kesedihan, kepuasan, hasrat seksual, kejutan, simpati, dan kemenangan.

Para peneliti menemukan bahwa responden sepakat tentang emosi yang mereka alami. Lebih dari separuhnya juga melaporkan kategori emosi yang sama untuk setiap video. (*)


(Daily Mail/ina/JPC)