Tidak Ada Uang Tunai pada Mahar Pernikahan Putra Sulung Paku Alam X

JawaPos.com – Sejumlah tamu penting hadir dalam resepsi pertama atau panghargyan Dhaup Ageng Pakualaman kemarin (5/1). Termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang datang bersama Ibu Negara Iriana.

Kehadiran presiden pada pukul 11.03 itu bersamaan dengan kedatangan Gubernur DIJ sekaligus Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono X dan permaisurinya, GKR Hemas. Dua pasangan tersebut disambut langsung oleh KGPAA Paku Alam X dan GKBRAyA Paku Alam.


Setelah menandatangani buku tamu, dilanjutkan memberi selamat dan doa restu kepada kedua mempelai, BPH Kusumo Bimantoro, putra sulung Paku Alam X, dan Maya Lakshita Noorya. Kehadiran Jokowi beserta istrinya hanya berlangsung tak sampai sepuluh menit. Tanpa sempat duduk dan mencicipi hidangan.

BPH Kusumo Bimantoro, putra sulung KGPAA Paku Alam X akhirnya sah memperistri Maya Lakhsita Noorma dengan mengucapkan ijab kabul di Masjid Ageng Pakualaman. (Guntur Aga Tirtana/Radar Jogja/Jawa Pos Group)

Setelah sesi foto bersama dan bersalaman dengan beberapa tamu VIP, keduanya langsung meninggalkan Puro Pakualaman pukul 11.12. “Nderek bingah, ikut berbahagia kepada kedua mempelai Mas Suryo dan Mbak Sita. Semoga dapat membina membangun keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah,” ucap Jokowi sebelum masuk ke mobil seperti di kutip Jawa Pos Radar Jogja.

Sementara itu, ijab kabul berlangsung paginya di Masjid Ageng Pakualaman. Tanpa uang tunai, akad nikah dilakukan dengan mahar berupa Alquran dan seperangkat alat salat. Wali pernikahan adalah Mandiyo Priyo yang merupakan ayah Lakshita. Kanjeng Pangeran Haryo Noto Atmojo menjadi saksi dari pihak mempelai pria dan Haji Aryono sebagai saksi dari pihak mempelai wanita. 

Editor      : Ilham Safutra
Reporter : (tif/c9/ttg)