Thiago-Cunha Ikut Tercoret?

Milan Petrovic akan Rekrut Tiga Pemain Asing Baru

MALANG – Pelatih Arema FC Milan Petrovic seperti sedang melakukan revolusi di tim berjuluk Singo Edan ini. Setelah mencoret Balsa Bozovic dan pelatih kiper Ricardo Felipe Navarro dos Passos, kabarnya akan ada dua pemain asing lagi yang dicoret.

Ini setelah pelatih asal Serbia ini bakal memboyong 3 pemain sekaligus. Padahal, Arema FC hanya memiliki satu slot pemain asing yang baru saja ditinggalkan oleh Balsa Bozovic. Artinya, terdapat dua pemain asing lagi yang terancam dicoret dan tidak akan memperkuat Arema FC pada putaran kedua mendatang. Lalu, dari tiga pemain asing yang ada saat ini yakni Thiago Furtuoso, Ahmet Atayev, dan Arthur Cunha, siapakah yang akan dicoret?

Terkait hal tersebut, Milan masih tidak mau membocorkan. Yang jelas, kepada koran ini dia menjelaskan bahwa dirinya akan memboyong beberapa pemain dari liburannya di Eropa.

”Mungkin nanti akan ada 3 pemain yang akan saya bawa,” ucap pelatih yang akrab disapa Milan itu. Dia menjelaskan, salah satu kemungkinannya adalah pada posisi untuk memperkuat lini belakang.

”Mungkin kami butuh posisi di lini belakang. Kami butuh sosok seorang pemimpin,” imbuh pelatih berlisensi kepelatihan UEFA Pro tersebut.

Padahal, pada posisi tersebut sudah ada Arthur Cunha sebagai pemain asing. Sedangkan kemungkinannya sangat kecil akan ada duet pemain asing di lini belakang. Jadi, ini mengindikasikan bahwa Arthur Cunha terancam dicoret.

Tak hanya itu, dia juga menjelaskan kemungkinan pemain asing yang akan dibawa adalah striker.

”Mungkin saya belum bisa jelaskan secara detail, tapi kami mungkin membutuhkan seorang forward juga,” imbuhnya. Padahal, saat ini pemain asing Arema di lini depan sudah ada Thiago Furtuoso.

Selain Arthur Cunha, pencoretan terhadap Thiago Furtuoso juga besar kemungkinan terjadi. Melihat dalam beberapa laga terakhir, pelatih yang pernah menjabat sebagai tim manajer timnas Slovenia U-20 itu ternyata juga lebih memilih striker lokal seperti duet Dedik Setiawan dan Rivaldi Bawuo yang terkadang dibantu Dendi Santoso dengan formasi 4-3-3. Sedangkan Thiago sendiri sering kali dicadangkan atau dimainkan pada babak kedua. Hal ini senada seperti pencoretan Balsa Bozovic, di mana sebelumnya pemain bernomor punggung 10 tersebut juga sering kali dicadangkan.

Sebelumnya, Milan Petrovic memang menyoroti performa para pemain asing di tubuh klub berjuluk Singo Edan. Dia melihat bahwa jika pemain asing tidak bisa menunjukkan dirinya layak bermain di tim utama, maka Arema tidak membutuhkannya.

”Kalau pemain muda lokal mungkin masih akan saya beri kesempatan, tapi jika pemain asing tapi tidak bisa masuk starting eleven, sebaiknya dia mencari klub kedua saja,” ujarnya tegas.

Memang, performa Arema FC tampak lebih baik ketika hanya menggunakan pemain lokal. Padahal, adanya pemain asing sebenarnya memang diharapkan mendongkrak performa tim.

Namun, alih-alih bermain lebih bagus, tapi justru performa tim tidak berjalan maksimal. Mungkin karena itulah Milan ingin merombak ulang Arema pada paro musim kedua itu.

Namun, dia menjelaskan bahwa dirinya hanya bisa memberikan masukan dan saran kepada pihak Arema akan programnya.

”Saya sekarang hanya sebagai pelatih kepala. Saya hanya bisa merekomendasikan nama-nama, tapi untuk keputusan tentu itu saya serahkan kepada manajemen,” tandas bapak tiga anak itu.

Ketika disinggung mengenai hal itu, General Manager Arema FC Ruddy Widodo tampaknya juga membenarkan bahwa akan ada perubahan besar di tubuh Singo Edan pasca libur Lebaran ini.

”Memang ada kemungkinan dia akan membawa 2–3 pemain pasca libur Lebaran,” ujar pria yang akrab disapa Ruddy tersebut. Meski begitu, untuk posisi-posisinya, dia masih enggan membukanya.

Namun, dia menjelaskan, pelatih Arema FC saat ini akan melakukan sesuatu yang tidak wajar dibandingkan pelatih Arema FC sebelum-sebelumnya.

”Mungkin Arema FC untuk kali pertama akan melakukan hal yang tidak lazim seperti ini. Bahkan, mungkin ini kali pertama di semua klub di Indonesia,” imbuhnya.

Dia menjelaskan jika sebelumnya klub-klub di Indonesia menunggu putaran pertama selesai baru mendatangkan pemain baru, Arema akan menerapkan metode yang berbeda.

Sebab, sebelum putaran pertama usai, atau bahkan sebelum bursa transfer dimulai, para pemain asing sudah akan datang bergabung bersama Arema.

”Ini seharusnya bisa melecut semangat pemain yang ada. Sebab, semuanya harus bersaing agar posisinya tidak digantikan pemain baru,” tandas manajer asal Madiun tersebut.

Pewarta: Gigih Mazda
Penyunting: Irham Thoriq
Copy Editor: Dwi Lindawati
Foto: Darmono