The Greatest And The Most Decorated Gymnast of All Time, Simone Biles!

RADARMALANGID – Titel pesenam asal Amerika Serikat, Simone Ariane Biles, bertambah satu. Dilansir melalui CNN (10/10), setelah menjuarai kejuaraan dunianya yang ke 21 di Jerman Selasa lalu (8/10), gadis yang akrab disapa Biles ini sah berstatus ‘Most Decorated Female Gymnast in History’. Sebelumnya, titel ‘The Best Gymnast Ever’ sudah bertengger di namanya.

Di dunia olahraga, ‘Decorated’ merupakan istilah yang diberikan kepada atlet yang ‘mengalungi’ banyak medali atau piala. Dengan julukan barunya, Biles mencetak rekor sebagai pesenam wanita yang berhasil memenangkan kejuaraan terbanyak dalam sejarah. Mengalahkan rekor pendahulunya, Svetlana Khorkina, dengan 20 kemenangan.

Di usianya yang masih 22 tahun, Biles telah mengantongi 4 medali emas olympic games, 15 medali emas world championship, dan puluhan penghargaan dunia lainnya di cabang olahraga gymnastic. Biles menjadi pesenam dengan perolehan medali emas terbanyak di dunia.

Gelar juara dunia pertama pun didapat Biles saat berusia 16 tahun! Menjadikannya sebagai atlet wanita Afrika-Amerika pertama yang memenangkan emas di semua kategori atau all-around.

“Aku berpikir itu akan menginspirasi banyak gadis di luar sana untuk pergi ke gym dan berlatih lebih keras,” ungkap Biles seperti dilansir dari Hollywood Reporter.



Pada tahun 2015, Biles menjadi wanita pertama yang berhasil memenangkan gelar all-around dunia tiga kali berturut-turut. Bahkan, dalam penyelenggeraan olimpiade Rio 2016, gadis kelahiran Ohio, Amerika Serikat, ini berhasil menjadi wanita pertama dalam dua dekade yang memenangkan olimpiade dan gelar dunia secara back-to-back.

Agustus lalu, Simone Biles mencetak sejarah sebagai wanita pertama yang berhasil mendaratkan triple double di lantai.

Berkat prestasi mengagumkan yang diraihnya dalam dunia gymanstic, berbagai penghargaan berhasil diraih oleh gadis kelahiran Texas ini. Diantaranya, masuk dalam daftar orang berpengaruh di dunia tahun 2017 versi majalah TIMES, favorite female athlete Teen Choice Award 2017, dan most dominant athlete tahun 2018 versi ESPN The Magazine.

Pewarta : Zhavirra Noor Rivdha
Foto : Istimewa
Penyunting: Fia