Terungkap Daftarkan 25 Bacaleg Eks Koruptor Golkar : Akan Didrop Semua | JawaPos.com

JawaPos.com – Partai Golkar menurut data dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mempunyai 25 bakal caleg ?yang berasal dari mantan narapidana kasus korupsi. Bacaleg tersebut rencanan akan maju dalam Pileg di DPRD tingkat provinsi, kabupaten dan kota.

?Koordinator Bidang Pemenangan Pemilu Partai Golkar, Nusron Wahid mengatakan, 25 bakal caleg tersebut semuanya akan dilakukan evaluasi, dan mengganti dengan caleg yang bersih tidak ada catatan hitam.

Ilustrasi: Bawaslu (Dok.JawaPos.com)

“Akan didrop semua,” ujar Nusron saat ditemui di kawasan SCBD, Jakarta, Sabtu (28/7).

Namun demikian Nusron mengaku sampai saat ini belum melakukan evalusi terhadap 25 bakal caleg tersebut. Pasalnya baru mendapat laporan dari Bawaslu. Sehingga masih menunggu proses-proses yang ada di DPP.

“Belum didrop, tapi akan didrop semua,” tegasnya.

Nusron juga menuturkan akan melakukan pengecekan terhadap 25 bakal caleg tersebut. Apakah benar. Sebab dia mengaku yakin tidak dengan hal tersebut.

“(25) enggak sampai,” pungkasnya.

Sekadar informasi, PKPU Nomor 20/2018 resmi melarang pengusulan nama calon legislatif yang pernah menjadi narapidana kasus korupsi, bandar narkoba, dan kejahatan seksual terhadap anak.

Larangan itu dituangkan dalam bentuk pakta integritas yang harus ditandatangani pimpinan parpol.

Berikut ini daftar yang dirilis oleh Bawaslu soal bakal caleg mantan narapidana korupsi di DPRD provinsi, kabupaten dan kota.

Gerindra (27), Golkar (25), Nasdem (17), Berkarya (16), Hanura (15), PDIP (13), Demokrat (12), Perindo (12), PAN (12), PBB (11), PKB (8), PPP (7), PKPI (7), Garuda (6), PKS (5), Partai Sira (1), PSI (0), Partai Aceh (0), Partai Daerah Aceh (0), Partai Nanggroe Aceh (0), dan tidak dijelaskan partainya (5).

(gun/JPC)