Terkuak dari Paten, Apple Watch Terbaru Dilengkapi Pemindai Sidik Jari

JawaPos.com – RADARMALANG.ID – Apple Watch Series telah menjadi salah satu perangkat wearable terlaris di pasaran, bersaing ketat dengan Samsung dengan Galaxy Watch-nya. Apple Watch generasi selanjutnya tak menutup kemungkinan bakal lebih canggih, bahkan sampai dilengkapi dengan pemindai sidik jari untuk dukungan keamanan.

Hal tersebut terkuak dari paten Apple terbaru. Sebagaimana dilansir JawaPos.com – RADARMALANG.ID dari PatentlyApple, Senin (10/2), perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS) itu telah mengajukan aplikasi paten yang berjudul “Apple Patent Reveals Apple Watch’s Digital Crown being eliminated and replaced with an Optical based System” yang berarti akan ada mahkota (tuas kontroler digital) yang dihilangkan dan diganti dengan sistem berbasis optik.

Hal tersebut bisa diartikan sebagai Apple sedang mempersiapkan arloji pintar generasi selanjutnya dengan dukungan Touch ID. Fitur tersebut umum hadir di perangkat smartphone Apple dalam hal ini iPhone sebagai fitur keamanan standar berupa pemindai sidik jari di tombol home.

Paten kemudian muncul kembali dalam sebuah sketsa mengenai cara fitur tersebut bekerja. Sketsa paten tersebut diterbitkan oleh kantor Paten dan Merek Dagang AS (USPTO).

Paten terbaru Apple yang menggambarkan Apple Watch anyar berikutnya akan membawa dukungan Touch ID. (PatentlyApple)

Paten mengungkapkan bahwa Apple sedang mengerjakan Apple Watch baru yang akan membuat mahkota digital. Itu dapat dikenakan dan lebih bermanfaat bagi pengguna melalui penambahan dukungan pemindai sidik jari atau Touch ID.

Menurut paten Apple, permukaan samping smartwatch akan menampilkan penutup transparan di samping sensor gambar yang akan diperpanjang melalui mahkota atau joystick watch. Mekanisme ini akan mengaktifkan keamanan biometrik pada produk yang dapat dipakai, atau dengan kata lain, keamanan Touch ID.

Mekanisme tersebut ditempatkan di bawah layar utama Apple Watch dan memiliki transmisi cahaya serta permukaan penginderaan gambar. Gambar menunjukkan bahwa untuk memasukkan sidik jari dari user, seseorang harus meletakkannya di permukaan melingkar mahkota atau joystick digital dan memutarnya.

Artinya, ini bukan input sentuh sederhana tetapi akan ada tindakan geser melintasi putaran dial. Ini adalah fungsionalitas yang menarik yang dapat ditambahkan perusahaan dalam iterasi Apple Watch pada masa mendatang yang juga akan membuat produk yang populer dan lebih aman.