Terkendala Luasan Gerai, Retail Branded Sulit Masuk Mall

MALANG KOTA – Bagi pecinta fashion di Kota Malang mungkin sudah tidak asing lagi dengan berbagai merek-merek retail branded ternama seperti Zara, Rubi, Pull n Bear dan Uniqlo yang sudah hadir sejak lama di pusat perbelanjaan di kota-kota besar di Indonesia.

Namun sayangnya hingga kini merek-merek tersebut belum bisa di jumpai di Kota Malang dalam waktu dekat ini.

Munaji, selaku bidang Promosi Mall Olympic Garden (MOG) mengatakan sulitnya merek retail yang banyak digandrungi para anak muda tersebut masuk ke MOG adalah salah satunya karena luasan toko di MOG yang tidak sesuai dengan permintaan mereka.

Salah satunya adalah merek Zara, perusahaan retail asal Spanyol tersebut sebelumnya sempat melirik MOG untuk menjadi Mall pertama yang dijajaki di Kota Malang. “Sayangnya luasan toko kami belum sesuai dengan permintaan mereka,” ungkapnya.

Selain itu, kontrak sewa dengan brand-brand lain yang menempati toko di MOG pun menjadi salah satu alasan pihaknya belum bisa menghadirkan Zara dan merek ternama lain di Malang. “Meskipun dengan pangsa pasar yang besar,yakni pelajar dan mahasiswa, namun kami tetap ada waiting list,” ungkap dia.

Saat ini Munaji sedang dalam proses negosiasi dengan salah satu brand Rubi. Secara prosedural, masyarakat masih harus menunggu setidaknya 3 tahun kedepan hingga Brand Sepatu asal Australia tersebut bisa didapatkan di MOG. “Biasanya meskipun kami sudah deal, mereka butuh waktu 2-3 tahun hingga toko benar-benar buka,” tutur dia.

Hal tersebut nampaknya akan menjadi kekecewaan para pecinta fashion dengan merek-merek ternama, salah satunya adalah Rifqa Annisa, alumnus Universitas Brawijaya tersebut selama ini hanya bisa menjumpai brand tersebut melalui online shop. “Beberapa kali beli produk Unqlo, Zara dan HnM tetapi lewat Online Shop.

Padahal lebih nyaman jika belanja langsung ke tokonya,” tutur dia. Selain karena merek, kecintaannya pada merek-merek tersebut karena harganya yang masih dapat dijangkau oleh anak muda. “Harganya bisa sangat miring ketika ada sale,” imbuhnya.

Dia mengatakan, tak jarang anak muda seperti pelajar dan mahasiswa yang berdomisili di Kota Malang meluangkan waktu untuk ke Surabaya untuk berbelanja produk yang diinginkan. “Yang terdekat kan di Surabaya, Biasanya yag lengkap di Tunjungan Plaza,” tutur dia.

Pewarta : nr2
Penyunting : Mardi Sampurno