Terkena Jebakan, Beruang Madu Berhasil Diselamatkan




JawaPos.com – Seekor beruang madu terkena jeratan babi di kebun sawit milik warga. Lokasinya di Digdo, Desa Bukit Kerikil, SM Giam Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis, Riau.



Humas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Dian Indiarti mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan pada Minggu (16/9) lalu. “Saat itu petugas pendamping resort Duri menerima laporan masyarakat bahwa di kebun sawit warga ada beruang terkena jerat,” kata Dian, Selasa (18/9).




Untuk memastikan laporan, petugas bersama pemilik ladang langsung melakukan pengecekan ke lokasi. “Begitu sampai di lokasi, ternyata benar ada seekor beruang remaja yang terjerat dan ditunggu beruang dewasa yang memiliki ukuran jauh lebih besar serta kokoh,” jelasnya.



Diduga, beruang dewasa itu merupakan induk dari beruang yang terkena jerat. Namun karena saat itu kondisi sudah tidak memungkinkan untuk dilakukan upaya penyelamatan, petugas kembali ke markas dan merencanakan proses evakuasi keesokan harinya.





Petugas pendamping resort dibantu beberapa warga kemudian melakukan penyelamatan beruang. Sekitar pukul 10.15 WIB, proses penyelamatan selesai dan beruang berlari kembali ke habitatnya.



Setelah upaya penyelamatan, petugas melanjutkan penyisiran di area ladang. Tujuannya untuk membersihkan jerat liar agar tak ada hewan dilindungi yang terkena jeratan.



“Kami juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat sekitar agar tidak melakukan pemasangan jerat satwa di lokasi tersebut untuk menghindari terjeratnya satwa-satwa langka yang dilindungi,” pungkas Dian.



(ica/JPC)