Terkait Gugatan Pengajuan Wabup, Sanusi Tak Ambil Pusing

KABUPATEN – Bupati Malang, HM Sanusi mengaku tak mau ambil pusing mendengar kabar adanya gugatan yang hendak dilayangkan padanya jika pengajuan calon Wakil Bupati Malang disahkan oleh DPRD Kabupaten Malang.

”Saya tidak ngurusi. Urusannya sana,” ujar Sanusi pada acara di daerah Putukrejo, Kecamatan Kalipare, Kamis (3/10).

Seperti diberitakan sebelumnya, George da Silva yang juga menjabat sebagai Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Malang jadi pihak yang tak setuju dengan pengajuan wakil bupati di lingkungan Pemkab Malang.

Sanusi menegaskan, bahwa mandat Gubernur Jawa Timur, Khofifah sudah ia kantongi terkait pengajuan wakil. Menurutnya pengajuan wakil itu tak ada masalah. Sanusi mengatakan pemilihan calon wakil bupati sejatinya tetap bisa dilakukan.

“Kapasitas saya hanya mengajukan bukan menentukan. Dari gubernur (Jawa Timur) ada suratnya. Biar saja, kalau mau gugat ya yang digugat DPR sana,” papar pria asal Gondanglegi tersebut.

Seperti diketahui, ada dua nama yang diusulkan untuk menjadi wakil bupati (wabup). Yakni Mohamad Soedarman dan Abdur Rosyid Assadullah.
Sanusi sendiri menegaskan, usulan itu sudah sesuai dengan keputusan partai pengusung. Yakni PKB, Golkar, Nasdem, Demokrat, dan Gerindra.

“Partai koalisi sudah sepakat, maka saya sampaikan kepada dewan untuk diproses lebih lanjut. Bentuknya diusulkan kepada Mendagri melalui Gubernur” tambahnya.

“Siapapun sosoknya semuanya cocok dan berkompeten. Selanjutnya saya serahkan proses pemilihannya kepada dewan atau sesuai mekanisme yang berlaku,” tutup orang nomor satu di Kabupaten Malang itu.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Elfran Vido
Editor: Indra M