Terjang Mendung di Langit Gunung Banyak

KOTA BATU – Batu International Tourism Paragliding Festival 2017 menjadi ajang bagi atlet nasional untuk berebut prestasi di Kota Dingin ini. Sederet atlet turut menyemarakkan event tahunan yang digelar oleh Dinas Pariwisata Kota Batu ini.

Di antara 90 peserta yang meramaikan lomba selama tiga hari itu, ada nama Ardi Kurniawan dan Jhoni Effendi. Mereka adalah atlet nasional yang berprestasi asal Jawa Timur.

Selain itu, terdapat sederet atlet mancanegara yang turut bersaing. Jumlahnya, sebelas peserta. Mereka berasal dari India, Jerman, Jepang, Thailand, Perancis, dan Korea.

Atlet asal Jerman diketahui bernama Stepan Gradel. Kemudian, ada Nakul Malik asal India. Atlet asal Jepang bernama Shinji Sugiura, Mitsunori Hasuda asal Thailand, dan Baptiste Albouy asal Prancis.

Para atlet itu mulai unjuk kebolehan pada pukul 13.00. Suasana yang sedang mendung tak menyurutkan niat peserta. Satu per satu peserta terbang dari atas kawasan Gunung Banyak itu.



”Meski masih mendung, (kondisi ini) sudah bisa untuk terbang. Sebenarnya, berpengaruh juga untuk pendaratan,” kata Erwin Ari, salah seorang peserta.

Dia mengaku sudah terbiasa bermain paralayang di Gunung Banyak. Begitu mengetahui ada event, dia pun ikut ambil bagian.

Terpisah, Kasie Informasi dan Analisa Pasar Dinas Pariwisata Kota Batu Liza Yossana Lucas menambahkan, untuk hari pertama terdapat 80 peserta yang diagendakan tampil. Pada hari pertama itu pula juri langsung memberikan penilaian. Dihitung dari ketepatan mendarat, akurasi, hingga cross country.

”Tadi start-nya agak ditunda karena kondisi cuaca. Agak riskan kalau dipaksakan,” kata dia.

Sedianya, lomba digelar mulai pukul 07.00. Lomba kemudian harus ditunda hingga enam jam karena cuaca sedang dalam kondisi buruk. Dia menyatakan, event itu masih akan terus berlanjut sampai Minggu nanti (30/7). Saat itu adalah puncak acara atau hari terakhir acara. Pemkot Batu juga menyiapkan makan gratis bagi masyarakat yang ingin menonton.

Pewarta: Bahrul Marzuki
Penyunting: Ahmad Yahya
Copy Editor: Arief Rohman
Foto: Darmono