Terima 1.010 Mahasiswa Baru, IBU Jadi Jujukan Internasional

MALANG KOTA – Kota Malang memang identik sebagai Kota Pendidikan. Tidak hanya dari jenjang SD hingga SMA, puluhan perguruan tinggi juga tersebar di Kota Malang. Salah satu yang menjadi tujuan mahasiswa dari luar Malang adalah IKIP Budi Utomo (IBU). Bahkan, mahasiswanya 80 persen berasal dari luar Malang. Tak hanya dari luar Malang, beberapa mahasiswa mancanegara juga memilih IBU sebagai tempat mengenyam pendidikan.

Tahun ini ada 1.010 mahasiswa baru yang diterima untuk jenjang sarjana dan pascasarjana. Bahkan, ada 17 mahasiswa yang berasal dari mancanegara. Hal ini menunjukkan bahwa IBU menjadi pilihan masyarakat. ”Untuk mahasiswa mancanegara sudah mulai 2010. Hingga sekarang jumlahnya terus bertambah setiap tahun,” kata Rektor IBU Dr H. Nurcholis Sunuyeko MSi.

Dia berharap, mahasiswa baru bisa kerasan dengan suasana Malang. Juga menjaga nama almamater dan mengikuti norma yang ada. Jadi, bisa menuntaskan perkuliahan tepat waktu. Sebab, fase menjadi mahasiswa merupakan penentuan untuk masa depan. ”Yang penting semua harus lulus tepat waktu, masuk bareng keluar juga bareng. Karena masa depan ditentukan saat menjadi mahasiswa,” tandasnya.

 

Pewarta: Hafis Iqbal
Copy Editor: Dwi Lindawati
Penyunting: Mardi Sampurno
Fotografer: Hafis Iqbal