Terduga Teroris Asal Temanggung Dititipkan ke Polda Jateng

JawaPos.com – Terduga teroris asal Temanggung yang diduga tergabung dalam jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD), bernama Triyono diamankan Densus 88 Antiteror Polri, Kamis (14/2) lalu. Saat ini, pria 32 tahun itu dititipkan ke Polda Jateng.

“Iya mas, dititipkan di Polda (Jateng) tadi siang,” kata Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Triatmaja, Kamis (21/2).

Namun, Agus mengaku masih belum mengetahui secara pasti sampai kapan Triyono bakal dititipkan ke Polda Jateng. “Dan itu statusnya titipan. Penanganan lanjut oleh Densus,” tutupnya.

Triyono yang diduga tergabung dalam jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) tertangkap di Jalan Geneng-Koangan saat Polres Temanggung menggelar razia lalu lintas, Kamis (14/2) kemarin. Sebelumnya, pihak Polres telah berkoordinasi dengan Densus 88 Antiteror.



Sesaat sebelum ditangkap, Triyono sempat meninggalkan mobil Proton Exora warna hitam bernopol B 1577 VOC miliknya yang hendak dirazia petugas. Ia memilih lari menuju areal persawahan dan meninggalkan mobilnya di pinggir jalan.

Triyono baru kembali ke mobilnya saat petugas membuka paksa kendaraannya yang dikunci. Di mana di dalamnya ditemukan sejumlah barang seperti beberapa buah buku, dua tiket pesawat perjalanan dari Manila, Filipina ke Bandar Sri Begawan, Brunei Darusalam, serta dari Bandar Sri Begawan, Brunei Darusalam ke Jakarta. Lalu satu unit mobil, satu unit handphone, uang tunai, dan lain sebagainya.

Setelah itu, ia kemudian dibawa dan diperiksa Mapolres Temanggung. Ia pun akhirnya mengakui keterlibatannya bersama para pelaku terorisme yang sebelumnya telah ditangkap oleh Tim Densus 88 Antiteror.

Editor           : Sari Hardiyanto

Reporter      : Tunggul Kumoro