Terdakwa yang Kabur Dari PN Pekanbaru Ditangkap di Rumah Orang Tuanya

Terdakwa yang Kabur Dari PN Pekanbaru Ditangkap di Rumah Orang Tuanya

RADAR MALANG ONLINE – Zulham terdakwa atas kasus pencurian sarang burung walet yang sempat melarikan diri beberapa hari lalu usai persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru, Riau, berhasil ditangkap.

Zulham ditangkap saat berada di rumah orang tuanya, yang berada di Jalan Rambutan, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru, pada Sabtu (26/5) sekitar pukul 23.00 WIB.

“Kita membentuk tim gabungan dari Satreskrim Polresta Pekanbaru, jaksa serta diback up sepenuhnya oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Riau dan berhasil menemukan keberadaan terdakwa,” kata Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru, Kompol Bimo Aryanto, Minggu (27/5).

Usai penangkapan, Zulham langsung dibawa ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Sialang Bungkuk, Pekanbaru. “Dia sudah kita bawa ke Sialang Bungkuk untuk ditahan disana,” jelas Kompol Bimo.



Sebelumnya, Zulham melarikan diri disaat petugas pengawal tahanan (Waltah) lengah. Saat itu, Zulham baru saja menjalani sidang di Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru, pada Kamis (24/5) sekitar pukul 15.00 WIB.

Menurut informasi yang dihimpun, terdakwa yang dijerat dengan Pasal 363 KUHP ini, baru saja selesai menjalani sidang dengan agenda mendengarkan keterangan saksi. Sidang diketuai oleh Hakim Fatimah, dengan hakim anggota Khamazaro Waruwu dan Riska.

Selesai menjalani sidang yang terletak di lantai dua PN itu, ia pun menuruni tangga samping kiri tanpa diketahui petugas. Seorang perempuan dikabarkan ikut bersama pelaku. Tidak diketahui apakah perempuan itu orang dekat pelaku.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) terdakwa, Oka Regina, mengatakan, terdakwa terlibat pencurian sarang burung walet. Dalam perkara ini, terdakwa beraksi bersama dua rekannya.

Kaburnya Zulham membuat panik petugas dari kejaksaan dan kepolisian yang diperbantukan di PN Pekanbaru. Mereka melakukan penyisiran hingga ke jalanan di sekitar PN yang terletak di Jalan Lily, namun pelaku tidak ditemukan.

(ica/JPC)