Terbitkan Pergub, Anies Atur Hak Penghuni-Pengelola Apartemen

JawaPos.com – Pengelolaan apartemen atau rumah susun oleh pengembang sering kali berbenturan dengan kepentingan penghuni. Untuk mengatur hubungan itu, Pemprov DKI menerbitkan Pergub No 132 Tahun 2018 tentang Pembinaan Pengelolaan Rumah Susun Milik.

Gubernur DKI Anies Baswedan menegaskan, pihaknya akan mempersulit pengembang dan pengelola rumah susun/apartemen yang menyusahkan penghuni. Semua ketentuan dalam pergub juga harus dilaksanakan.

“Sekarang dengan pergub ini, mereka (pengelola) harus melaksanakan. Ketika mereka tidak melaksanakan, kami bisa (tindak) terkait SLF (sertifikat laik fungsi) itu kendali pemerintah. Kedua, badan hukumnya tak akan diakui,” ujar Anies di balai kota kemarin (19/2).


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menghadiri Cap Go Meh di Glodok, Selasa (19/2). (Issak Ramdhani/JawaPos.com)

Menurut Anies, posisi pengembang dan pemilik apartemen sering kali tidak seimbang. Warga, lanjut dia, kerap berhadapan dengan berbagai ketidakpastian. Salah satunya iuran pemeliharaan lingkungan (IPL) yang sering berubah-ubah. Belum lagi laporan keuangan yang tidak transparan.

Mantan Mendikbud itu menggarisbawahi bahwa pergub tersebut mengatur hubungan antara pengembang dan pemilik yang biasanya berada di posisi lemah. Dia menyatakan, ada juga pengembang yang telah baik. “Yang seperti ini kami jadikan contoh. Yang belum seharusnya sudah menunaikan kewajibannya,” imbuhnya.

Permasalahan itu bermula dari pembentukan Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Rumah Susun (P3SRS). Pembentukan perhimpunan tersebut nyatanya diisi orang-orang yang malah bukan penghuni. Warga apartemen kerap mengalami intimidasi dan berbagai tekanan ketika memperjuangkan hak-haknya. Anies menyebutkan, ketidakadilan itu sering ditemui di ibu kota. “Ini bukan kasus di apartemen tertentu saja. Praktik seperti ini (terjadi) di mayoritas rumah susun di Jakarta,” tambahnya.

Jika pengembang tidak menaati aturan, Anies mengancam tidak mengesahkan P3SRS. 

Editor           : Ilham Safutra

Reporter      : (dee/c19/git)