Tepis Kesedihan dan Kesendirian, Lakukan 4 Langkah Utama Usai Cerai | JawaPos.com

Tepis Kesedihan dan Kesendirian, Lakukan 4 Langkah Utama Usai Cerai | JawaPos.com

JawaPos.com – Ladies, hanya karena baru saja bercerai bukan berarti hidup berakhir. Memang, ketika ditanya apa ketakutan terbesar selama dan setelah bercerai, perempuan sering menjawab ‘sendirian’. Stigma status janda yang negatif seringkali merasa kesepian. Melepaskan ketakutan ini dan belajar bagaimana menangani kesepian adalah bagian dari proses pemulihan usai perceraian.

Setelah berduka atas pernikahan, selalu ada harapan untuk menciptakan kehidupan yang bahagia memuaskan penuh cinta dan sukacita. Tentu, aneh rasanya ketika harus hidup sendirian setelah bertahun-tahun bersama. Namun hidup harus terus berjalan. Anda dan pasangan harus punya rutinitas masing-masing.

Apalagi jika memiliki anak yang selalu bertanya tentang ayahnya, atau bahkan jika belum memiliki buah hati tentu rasa sepi akan semakin terasa. Bahkan banyak janda yang takut tidak akan ada yang mencintainya lagi. Sebab mereka berpikir sudah menjadi seseorang yang ‘seken’, tak lagi menarik.

Sibukan diri dengan teman baru usai perceraian. (Istimewa)

Dilansir dari YourTango, Kamis (16/8), ada beberapa cara yang bisa dilakukan perempuan agar tak berlarut-larut dalam kesepian dan kesedihan.

1. Alihkan Pikiran

Selalu mengutamakan pikiran positif dan buang pikiran negatif akan membuat seseorang bahagia. Sadarilah bahwa pikiran buruk yang Anda pikirkan belum tentu benar. Untuk beberapa alasan, alam bawah sadar seolah me jadi tersugesti nantinya. Maka teruslah berpikir positif.

2. Jangan Menarik Diri Terlalu Lama

Janda pun berhak tampil cantik dan bahagia. Tentu saja berbagai kegiatan yang rutin dilakukan sebagai ibu rumah tangga akan hilang seketika. Perempuan pun akan kehilangan keintiman secara fisik. Namun jangan terlalu lama untuk menarik diri.

3. Belajar Sendiri

Tanyakan pada diri sendiri apa yang bisa dilakukan jika sendirian. Buatlah catatan di selembar kertas. Banyak hal yang bisa dikejar dalam karir. Ini hidupmu. Anda dapat menjalankannya sesuka hati tanpa ada orang lain yang bertanya dan mengatur.

4. Temui Banyak Orang Baru

Meski memilih untuk sendiri, namun ada jutaan orang di dunia ini. Ayolah tersenyum dan temui mereka. Jika hanya meratapi nasib di rumah, buat apa? Siapa tahu akan ada cinta yang baru untuk Anda.

(ika/JPC)