Telat Diperbaiki, Plengsengan Ambrol

KOTA BATU – Ancaman bencana di musim hujan masih terus mengintai. Saat hujan dengan intensitas yang tinggi Senin kemarin (10/12), setidaknya ada dua kejadian bencana di Kota Batu. Yakni kejadian tanah longsor di perumahan Emerald Villas di Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo. Selain itu, angin kencang menyebabkan pohon tumbang di Jalan Mojopahit, Kecamatan Junrejo, Kota Batu.

Supervisor Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Pusdalops BPBD) Kota Batu Ismu Buana menyatakan, kejadian tanah longsor yang menyebabkan plengsengan perumahan ambrol terjadi sekitar pukul 15.00. ”Dari pengakuan pengembang perumahan itu, sebelumnya memang sudah ada retakan dan akan dibongkar pada hari itu juga,” ucapnya. Namun, belum sempat dilakukan perbaikan, plengsengan sudah longsor duluan. ”Saat ini, kami dan pengembang sudah memberi penutup terpal di depan lokasi agar tidak mengganggu pengguna jalan,” ungkapnya.

Sementara itu, angin kencang yang terjadi setelah hujan juga mengakibatkan pohon tumbang di Jalan Mojopahit pukul 18.00. Pohon jenis ceri sempat menutup sebagian ruas jalan dan merusak rumah milik Nasir. ”Meski sempat menutupi jalan, kejadian ini juga nihil korban,” imbuhnya.

Dengan adanya hal tersebut, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dan waspada dalam menghadapi musim hujan saat ini. Pasalnya, cuaca ekstrem dan menimbulkan bencana alam bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. ”Saya hanya mengimbau untuk lebih hati-hati dan waspada. Ini bukan menakut-nakuti, memang musimnya bersamaan dengan cuaca ekstrem,” jelasnya.

Pewarta: Moh Badar Risqullah
Copy Editor: Amalia
Penyunting: Ahmad Yani
Foto: Moh Badar Risqullah