Teknologi Sudah Canggih, VEXAG Usul NASA Adakan Misi ke Venus

RADARMALANGID – venus Exploration Analysis Group (VEXAG) memberi usulan pada NASA untuk mempertimbangkan misi ke Venus, dikarenakan teknologi saat ini sudah memungkinkan.

Dilansir melalui International Times (25/10), VEXAG telah mempresentasikan kemungkinan tersebut pada September lalu. Telah banyak ilmuwan yang meyakini bahwa Venus pernah memiliki kondisi yang serupa dengan Bumi saat ini. Karena jaraknya yang cukup dekat dengan matahari, terdapat kemungkinan pernah ada air di sana.

Melalui misi ke Venus tersebut, VEXAG percaya bakal ada banyak informasi yang didapat, salah satunya adalah petunjuk bagaimana planet tersebut dapat bertransformasi seperti saat ini.

“Program Mars telah ‘mengikuti’ dan terus mencari bukti kehidupan, namun Mars hanya memiliki air cair yang ada di permukaannya selama beberapa ratus juta tahun, sekitar tiga miliar tahun lalu,” ujar Darby Dyar, perwakilan VEXAG pada Space.com seperti dilansir dari International Times.

Diketahui, ada tiga proposal yang diajukan VEXAG kepada NASA, yakni DAVINCI (Investigasi Venus Atmosfer Dalam untuk Gas Mulia, Kimia, dan Pencitraan) untuk mengukur komposisi kimia Venus selama penurunan.

Kemudian ada VERITAS (Venus Emissivity, Ilmu Radio, InSAR, Topografi, dan Spektroskopi) untuk memeriksa permukaan Venus dalam resolusi tinggi. Terakhir, adalah proposal Hyperspectral Observer untuk Venus Reconnaissance (HOVER) untuk memeriksa awan, kimia, dinamika, dan permukaan Venus untuk lebih memahami iklimnya.

Misi terakhir NASA menuju orbit Venus yakni pada Oktober 1990 silam, yang dikenal dengan nama Magellan. Selain itu Badan Antariksa Eropa (ESA) juga pernah menjalankan misi serupa, yakni Venus Express antara 2006 dan 2014 lalu. Tak hanya itu, Jepang juga sempat menjalankan misi serupa bernama misi Akatsuki pada 2015 lalu.

Saat ini NASA tengah mempersiapkan misi selanjutnya bernama Artemis dengan tujuan utama mengirim manusia ke Mars. Misi ini diperkirakan akan terlaksana pada 2030 mendatang.

Penulis: Elsa Yuni Kartika
Foto: Istimewa
Penyunting: Fia