Teknologi Grafis AMD Bakal Hadir pada Smartphone Samsung

JawaPos.com – Masa depan smartphone gaming tampaknya bakal menjadi perhatian serius bagi industri teknologi dan sektor penunjangnya. Tak hanya pembuat smartphone, pabrikan System on Chip (SoC) pun tampak fokus dalam gagasan mobile gaming tersebut.

Hal ini dibuktikan dengan Qualcomm melahirkan chipset Snapdragon 855 Plus, varian yang mendongkrak performa Snapdragon 855 biasa agar lebih andal dalam pengolahan grafis khusus untuk gaming. Pembuat chipset lain MediaTek juga melakukan hal yang sama dengan merilis Helio G90 Series. Chipset yang juga didesain khusus untuk menangani kebutuhan gaming mobile.

Bicara soal mobile gaming, Samsung juga tampak mempersiapkan hal tersebut dengan menggandeng pabrikan chip AMD. Sebagaimana JawaPos.com kutip dari Gizchina, Rabu (7/8), Samsung mengumumkan sedang mengerjakan chipset Exynos terbaru. Menariknya, chipset tersebut akan ditambah dengan pengolah grafis atau GPU Radeon racikan AMD.

Ilustrasi: Chipset Samsung Exynos. (Gizchina)

Hal ini berarti bahwa perangkat Samsung masa depan akan hadir dengan kemampuan grafis canggih. Samsung mengumumkan kemitraan ini pada Juni lalu. Menurut pihak Samsung, hubungan baru dengan AMD ini akan membawa perubahan teknologi yang baru. AMD akan menawarkan arsitektur grafis Radeon berbasis RDNA baru kepada Samsung sebagai bagian dari kerja sama. Rangkaian chipset baru ini mungkin akan diluncurkan paling cepat 2021.

Untuk perangkat seluler, AMD harus mengembangkan arsitektur grafis yang dapat bekerja dengan baik dalam skenario daya rendah dan kendala termal. Belum diketahui apakah AMD akan memberikan lisensi teknologi baru ini ke merek lain atau tidak.

Hal yang sama berlaku untuk Samsung dengan chipset Exynos yang akan datang. Di bawah kemitraan ini, AMD akan menerima royalti dan biaya lisensi dari Samsung dalam pertukaran GPU Radeon yang berfokus pada seluler.

Dengan industri game seluler yang semakin agresif, chipset baru ini mungkin benar-benar menjadi kabar baik bagi dua perusahaan tersebut. Tidak mengherankan bahwa smartphone yang didukung Samsung Exynos berjuang pada segmen game mobile jika dibandingkan dengan rekan perusahaan mereka Qualcomm dengan Snapdragon.

Dengan chipset Exynos baru yang dipasangkan GPU AMD Radeon, Samsung mungkin dapat meningkatkan penawaran grafisnya. Namun, hal ini tentu harus menunggu beberapa tahun untuk benar-benar mengetahui apa yang bakal dibawa oleh jajaran chipset baru tersebut.