Teknologi Ciptakan Pemerintahan yang Bersih

JawaPos.com – Pemprov Kalimantan Tengah (Kalteng) berupaya meningkatkan penyelenggaraan pemerintah yang lebih baik. Sekda Kalteng Fahrizal Fitri mengungkapkan, upaya itu dilakukan oleh seluruh tingkatan. Mulai dari kabupaten, kota, provinsi.

Untuk itu, pemda dituntut untuk memanfaatkan teknologi agar lebih efektif dan efisien. “Penyelenggaraan dituntut efektif, efisien, dan akurat dengan memanfaatkan teknologi informasi berbasis elektronik. Transparansi dan akuntabilitas menjadi tolok ukur penyelenggaraan pemerintah,” ujar Fahrizal.

Dikatakannya, masyarakat juga dapat berperan aktif dalam proses pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan. “Seperti menjadi kontrol sosial,” ucapnya.

Menurut dia, keberadaan Smart Province merupakan akumulasi dan kontribusi kabupaten kota dalam mewujudkan smart city pada masing-masing kabupaten kota. Smart province bisa dicapai apabila Kalteng memiliki kriteria smart city.



“Teknologi informasi merupakan daya ungkit utama dalam kemajuan peradaban dunia, sehingga teknologi dan informasi harus dimanfaatkan untuk menciptakan pemerintahan yang bersih, kuat, transparan dan berkeadilan serta jembatan untuk melayani masyarakat,” terangnya.