Tekan Silpa, Ketua DPRD Kota Batu Tekankan OPD Segera Lengkapi Dokumen

KOTA BATU – Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa) dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemkot Batu tahun 2018 yang terbilang besar harus benar-benar bisa diserap oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) tahun 2019. Hal ini diungkapkan secara langsung oleh Cahyo Edy Purnomo, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Batu pasca Rapat Paripurna Tanggapan Walikota Batu Terhadap Pandangan Fraksi Umum Senin sore (12/8)

“Kami harap di 20 hari masa emas ini OPD bisa melengkapi berkas dengan tepat waktu,” jelas Cahyo. Hal ini dikarenakan pelantikan jabatan anggota DPRD Kota Batu yang baru akan dilaksanakan pada 30 Agustus nanti.

Cahyo menerangkan hal ini tidak dimaksudkan untuk mengecilkan anggota DPR yang baru namun jika tidak segera diselesaikan pada anggota DPR yang lama maka akan memakan waktu dan berpotensi kemoloran dari PAK. Potensi tersebut bisa saja terjadi karena pasca pelantikan masih belum ada pimpinan namun hanya ada pimpinan sementara yang belum terbentuk alat kelengkapan DPRD, sedangkan dalam pembentukan alat kelengkapan DPRD baru paling cepat masih memakan waktu satu bulan, bahkan jika molor, bisa sampai 2 bulan.

“Kalau PAK ikut molor atau bahkan tidak jadi, maka Silpa pada tahun ini bisa semakin besar,” ungkap Cahyo.

Ia berkaca dari alasan pemkot Silpa pada tahun 2018 mencapai Rp 273 juta dikarenakan banyak OPD yang tidak berani mengambil resiko akibat mepetnya penggunaan dana pada tahun lalu.



“Oleh sebab itu untuk tahun ini kami himbau untuk benar-benar melengkapi berkaa programnya secara tepat waktu.

Pewarta : Choirul Anwar
Foto : Choirul Anwar
Penyunting: Fia