Teka-teki Calon Ketua DPR Anak Buah Prabowo Sebut Bamsoet Figur Baik

Keyakinan itu diungkapkan oleh Ketua Bidang Kajian Kebijakan Politik DPP Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria. Bahkan, menurutnya, Golkar tidak akan kekurangan stok kader untuk memimpin parlemen. 

“Golkar pasti telah menyiapkan kader yang layak dan memilki kemampuan. Tentu mereka tak akan kekurangan stok,” ujar Wakil Ketua Komisi II DPR saat dihubungi, Senin (1/1).

Riza juga mengatakan, Golkar memiliki kewenangan sepenuhnya untuk mengisi posisi ketua DPR 2014-2019. Kewenangan itu sesuai Undang-undang MPR, DPR, DPD dan DPRD (UU MD3).

“Siapa pun ditunjuk kami yakini memang punya integritas dan kompetensi,” ujar Riza.

Dia mengakui, sejauh ini sudah ada sejumlah nama legislator Golkar yang disebut-sebut berpeluang menjadi ketua DPR pengganti Seyta Novanto. Antara lain Agus Gumiwang Kartasasmita, Zainuddin Amali, Ridwan Hisjam, Aziz Syamsuddin hingga Bambang Soesatyo. 

Namun, Riza juga punya penilaian tersendiri soal sosok Bambang Soesatyo sebagai sesama legislator di DPR. “Dia bisa diterima. Figurnya baik,” ulasnya.

Meski demikian, Riza mengakui nama-nama yang beredar memiliki pengalaman dan kompetensi yang baik. Sebab, Golkar memang punya kader berpengalaman di DPR.

“Kami berharap siapa pun dia bisa membawa DPR lebih baik, apalagi ke depan ini kan tahun politik sehingga DPR bisa membaik,” ujarnya.

Pendapat senada terlontar dari Ketua Fraksi PPP Reni Marlinawati. Menurutnya, nama-nama legislator Golkar yang sudah beredar dan disebut-sebut akan diusulkan menjadi ketua DPR adalah figur yang punya kapabilitas, kapasitas, dan sudah lama ditempa di partai.

“Bagi PPP, siapa pun nama yang disebut tak bermasalah,” pungkasnya.


(gwn/JPC)