Tebing Setinggi 12 Meter Longsor, Akses ke Gunung Bromo Terganggu

JawaPos.com- Hujan dan angin kencang yang melanda wilayah Malang Raya selama terjadi beberapa hari terakhir mengakibatkan bencana di beberapa tempat. Salah satunya, tebing setinggi 12 meter yang longsor di jalur utama menuju wisata Gunung Bromo, Jumat (25/1). Akses ke Bromo melalui Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang sempat terganggu karena longsor tersebut.

Seketaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang Bagiyo Setiyono menjelaskan, tebing yang berada di Gubuk Klakah hingga ke Ngadas longsor dan menutup badan jalan. Longsoran terjadi di dua titik. Yaitu di area Wedi Ireng dan Petethek.

Longsoran terjadi sepanjang dua dan lima meter. Kejadian ini juga menumbangkan tiga pohon berukuran besar di lokasi itu. Jalur utama menuju Bromo tertutup hingga berjam-jam.

Pembersihan secara gotong royong segera dilakukan oleh relawan BPBD, PMI, Bina Marga, TNBTS, Tagana dan Muspika setempat. “Sekarang sudah sudah bisa dilewati kendaraan roda dua atau roda empat,” jelas Bagiyo.



Terpisah, Seketaris Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Malang Aprilianto mengaku telah menurunkan lima orang personel. Mereka menjadi relawan untuk membersihkan sisa-sisa longsoran agar jalan bekas longsor tidak licin.

“Relawan membantu membersihkan sisa longsoran agar tidak membahayakan pengguna jalan,” tegasnya.

Editor           : Dida Tenola

Reporter      : Dian Ayu Antika Hapsari