Tawangmangu Jadi Lokasi Favorit Rayakan Pergantian Tahun

JawaPos.com – Kawasan puncak, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah (Jateng) masih menjadi lokasi favorit merayakan pergantian malam tahun baru. Menjelang malam pergantian tahun, kawasan yang berada di lereng Gunung Lawu ini akan dipadati oleh pengunjung. Tidak hanya dari wilayah Solo Raya saja, tetapi juga dari kota lain seperti Semarang, Jogja dan kota lainnya. 

Tingginya minat wisatawan berkunjung ke Tawangmangu terlihat dari tingkat okupansi atau keterisian hotel di wilayah tersebut. Sejumlah hotel dan tempat penginapan yang ada di puncak sudah dipesan oleh para wisatawan yang ingin menghabiskan malam tahun baru.


Marketing Communication Nava Hotel Tawangmangu, Devi Susanti mengungkapkan, pemesanan kamar untuk malam tahun baru sudah tidak bisa lagi dilakukan. Pasalnya, kamar sudah habis terjual bahkan sejak beberapa bulan yang lalu.

“Kalau untuk hari biasa biasanya 90 persen dan 100 setiap akhir pekan. Sedangkan untuk Natal sudah 80 persen. Tapi kalau untuk tahun baru kami sudah tidak berjualan, karena kamar sudah habis sejak Oktober lalu,” ungkapnya kepada JawaPos.com, Minggu (16/12). 

Devi menambahkan, kepadatan pengunjung di wilayah Tawangmangu memang terjadi setiap tahun. Banyak pengunjung yang memilih puncak untuk menghabiskan malam pergantian tahun. Dan tentunya, kepadatan pengunjung ini mendorong pengelola hotel untuk meningkatkan harga kamar.

“Kalau peningkatan harga memang dilakukan, untuk pergantian tahun harganya naik dua kali lipatnya atau 100 persen dibandingkan hari biasa,” urainya. 

Salah seorang wisatawan, Sunaryo, 42, mengungkapkan dirinya memilih kawasan puncak untuk menghabiskan malam pergantian tahun. Menurutnya, puncak yang memiliki hawa dingin sehingga pas jika digunakan untuk menghabiskan malam tahun baru.

“Saya sudah biasa berkunjung dan menginap di Tawangmangu, hampir setiap malam pergantian tahun. Ya setahun sekali tidak apalah,” urainya.

(apl/JPC)