Target Rp 300 Juta, Dapat Rp 520 Juta

Desa wisata Pujon Kidul Kabupaten Malang

PUJON – Dari tahun ke tahun, kunjungan wisatawan ke Kafe Sawah Pujon Kidul cenderung meningkat. Kepala Desa Pujon Kidul Udi Hartoko menjelaskan, saat ini rata-rata kunjungan ke Kafe Sawah berada di angka 500–600 orang per hari. ”Kalau hari Sabtu bisa 1.500–2.000 orang. Kalau hari Minggu bahkan bisa sampai 3.000 orang,” jelas Udi.

Dibandingkan awal-awal membuka spot Kafe Sawah pada awal 2016 lalu, rata-rata angka kunjungan itu tentu meningkat drastis. Tren peningkatan itu turut meningkatkan pendapatan asli desa (PADes) mereka. Hingga awal September ini, target PADes yang disematkan sudah melampaui target. Total, Pemerintah Desa (Pemdes) Pujon Kidul sudah membukukan nilai PADes Rp 520 juta.

Melebihi dari target awal sebesar Rp 300 juta. ”Mudah-mudahan sampai akhir tahun masih bisa meningkat hingga Rp 800 juta maupun Rp 900 juta,” sambung Udi. Melihat transformasi yang ada saat ini, target tersebut agaknya bisa terwujud. Sebab, sejumlah spot baru sudah ditambahkan pengelola wisata di sana. Ada spot fantasy land, taman budaya, wisata berkuda, dan stan-stan produk lokal yang tersaji. 

Pewarta: Farik Fajarwati
Copy Editor: Dwi Lindawati
Penyunting: Bayu Mulya
Foto: Rubianto