Target Pertahankan Juara, Liburan Tetap Lembur

MALANG KOTA – Liburan semester ini tak bisa membuat tim Semeru Universitas Negeri Malang (UM) bersantai-santai. Mereka tetap sibuk membuat dan menyempurnakan mobil listrik hemat energi.

Karena tim ini bakal mengikuti Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE), 24–28 September mendatang. Apalagi tim UM berstatus menjadi tuan rumah pada KMHE tahun ini.

”Tahun lalu kami meraih juara I dan II di kategori bahan bakar ethanol, tahun ini kami harus bisa mempertahankan,” kata Suryo Adi Putra, ketua tim Semeru UM, di kampusnya kemarin.

Menurut dia, tahun ini tim UM tetap berlaga di kategori ethanol dengan dua mobil di kelas yang berbeda, yaitu kelas Urban Concept dan Prototype. Di mana, mobil ini menggunakan sasis (rangka mobil) dari bahan carbon fiber.

Perlu diketahui, carbon fiber ini lebih ringan, tapi memiliki kekuatan seperti baja dan biasanya digunakan untuk sasis pesawat terbang. ”Namun, harganya jadi lebih mahal,” terang mahasiswa Teknik Mesin UM ini.

Sementara itu, Divisi Administrasi Panitia KMHE UM Yahya Zakaria menyampaikan, hingga kemarin sudah ada 121 tim dari 70 perguruan tinggi se-Indonesia yang mendaftar.

Di mana jumlah peserta ini sudah masuk proses penilaian proposal dan rancangan perakitan mobil mereka masing-masing. ”Kalau lolos, mereka harus mengikuti seleksi tahapan selanjutnya. Yaitu harus kirim progress report dan video pengujian kendaraan,” ungkapnya.

Pewarta : nr4
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Imam Nasrodin