Tanpa Gol di Turin, Inter Pertahankan Tren Tak Kalah di Serie-A

Dengan tambahan satu poin di Turin, selain menjadi satu-satunya tim yang belum terkalahkan di Serie-A musim ini, Inter juga masih memimpin klasemen sementara. Tim asuhan Luciano Spalletti itu mengukir 12 kemenangan dan 4 seri dari 16 laga. Mereka mengumpulkan 40 angka.

Hanya saja, La Beneamata – julukan Inter, mesti bersiap-siap rela digusur Napoli. Maklum saja, Napoli yang mengumpulkan 38 angka baru akan bermain pada Minggu (10/12) malam WIB. Napoli akan menjamu Fiorentina dan berpotensi meraih kemenangan.

Statistik babak pertama Juventus vs Inter. Inter tanpa tembakan ke gawang Juventus meski unggul dalam penguasaan bola
([email protected])

Terlepas dari bakal tergusurnya Inter, di Turin, Mauro Icardi cs sudah berjuang maksimal untuk bisa meraih kemenangan. Bertindak sebagai tamu, La Beneamata bahkan mampu dominan dalam penguasaan bola di babak pertama. Sedangkan I Bianconeri – julukan Juventus, lebih mengutamakan direct football alias langsung menekan begitu mendapat bola.



Hanya saja, ada satu noktah merah Inter dalam laga ini, khususnya di babak pertama. Meski dominan dalam penguasaan bola hingga 56%, mereka gagal melepaskan shot on goal ke gawang Juventus. Ini untuk pertama kali sejak Mei 2014 (vs AC Milan), Inter tak mampu melepaskan tembakan tepat ke gawang lawan pada babak pertama (khusus di Serie-A).

Pada babak kedua, Inter lebih berani dalam melakukan percobaan mengancam gawang Juventus. Hanya saja, upaya mereka belum membuahkan hasil.

Laga sendiri berjalan menarik. Juventus tampil agresif di babak pertama. Mereka sudah mendapat peluang saat pertandingan berjalan 8 menit lewat umpan Juan Cuadrado yang disundul Mario Mandzukic sambil terbang. Namun, bak Miranda masih bisa mengamankannya.

Setelah itu, Juventus beberapa kali memberikan ancaman. Sedangkan Inter dominan dalam penguasaan bola namun tak ada shot on goal.

Sebuah keputusan wasit Paolo Valeri pada babak kedua membuat Inter kecewa. Dia tak memberikan penalti kepada Inter setelah defender Medhi Benatia dinilai Mauro Icardi menyentuh bola dengan tangan. Namun, dalam tayangan ulang terlihat bahwa tangan Benatia tidak aktif saat terkena bola. Insiden tersebut diawali Icardi yang menguasai bola di area terlarang Juventus. Benatia lantas berusaha merebut bola dan upayanya berhasil meski bola sempat menyentuh tangannya tanpa sengaja.

Icardi sendiri sempat terjatuh. Namun, intersep yang dilakukan Benatia bersih alias mengenai bola terlebih dahulu. Sementara itu, putusan Valeri yang tak memberikan penalti terkait handball pun tepat lantaran tangan Benatia tidak dalam kondisi aktif.

Hingga laga berakhir, tak ada gol yang tercipta. Inter menjaga tren belum terkalahkan. Sementara itu, bagi Juventus, ini hasil 0-0 pertama di Serie-A setelah 65 laga. Terakhir kali mereka mengalami hasil 0-0 saat menghadapi Bologna pada Februari 2016 silam.

Juventus 0-0 Internazionale Milan
SUSUNAN PEMAIN
Juventus: Szczesny; De Sciglio, Benatia, Chiellini, Asamoah; Khedira (Dybala 75), Pjanic (Bentancur 85), Matuidi; Cuadrado, Higuain, Mandzukic
Pelatih: Massimiliano Allegri

Internazionale Milan: Handanovic; D’Ambrosio, Skriniar, Miranda, Santon (Dalbert 63); Vecino, Borja Valero; Candreva (Gagliardini 69), Brozovic, Perisic; Icardi (Eder 85)
Pelatih: Luciano Spalletti


(epr/Football Italia/JPC)