Tangkap Rampok Emas, Polisi Ini Raih Penghargaan

Kapolres Malang Kota, AKBP Hoiruddin Hasibuan (dua dari kiri) ketika press release kasus pembobolan Toko Emas Barokah di Pasar Terpadu Dinoyo (30/6).

MALANG KOTA – Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Bhayangkara dimanfaatkan Kapolres Malang Kota AKBP Hoiruddin Hasibuan untuk memberi penghargaan kepada anggotanya. Di antaranya, Kasatreskrim Polres Malang Kota AKP Heru Dwi Purnomo dan jajarannya. Penghargaan itu diberikan karena Heru berhasil mengungkap kasus pencurian emas 2,5 kilogram di Pasar Dinoyo Terpadu, 15 Juni lalu.

Penghargaan juga diberikan pada jajaran Satreskoba Polres Malang Kota atas pengungkapan kasus besar. Yakni, penyitaan narkoba yang beratnya di atas 40 gram. ”Banyak kasus yang diungkap.

Tapi, yang kami beri penghargaan yang beratnya 40 gram ke atas,” ujar Hoiruddin usai menyerahkan piagam penghargaan di halaman Polres Malang Kota kemarin (10/7).

Acara tersebut dihadiri jajaran Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Kota Malang. Di antaranya, Wakil Wali Kota Malang Sutiaji, Dandim 0833/Kota Malang Letkol Arm Aprianko Suseno, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Malang Purwanto Joko Irianto, dan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Malang Bambang Sugiharto.

Momen perayaan HUT Bhayangkara ini pun dimanfaatkan Hoiruddin untuk memotivasi anggotanya. ”Di Malang ini ada beberapa kasus yang patut diberi perhatian khusus. Misalnya, narkotika, pencurian, dan penipuan online.” tutur mantan detasemen khusus (densus) 88 tersebut.



Hoiruddin mengungkapkan, hampir setiap minggu pihaknya menerima laporan dari korban penipuan online. ”Nominal kerugiannya bermacam-macam. Ada yang Rp 15 juta hingga Rp 30 juta.” imbuhnya.

Pewarta: Desak Ayu
Penyunting: Mahmudan
Foto: Nurmansah Wira