Tangkal People Power 22 Mei, Polres Malang Intensifkan Sweeping

MALANG – Untuk antisipasi isu people power dan pergerakan massa jelang pengumuman pemilihan umum (Pemilu) pada 22 Mei nanti, Polres Malang kemarin, Minggu, (19/5) dini hari melaksanakan giat razia di beberapa titik di Kabupaten Malang.

“Kita dapat arahan langsung dari Kapolda Jatim tentang atensi pelaksanaan patroli skala besar yakni Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (K2YD) dalam bentuk Razia untuk wujudkan Harkamtibmas yang kondusif di wilayah Kabupaten Malang,” sebut Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung.

Diadakan sejak pukul 01.00 dini hari, Polres Malang memulai razia lewat apel, kemudian melakukan razia terhadap semua jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat di Pos 902 Singosari, yang berada di Jalan Raya Singosari dimulai sejak pukul 01.00 hingga waktu berbuka sekitar pukul 03.30 dini hari.

Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung mengungkapkan bahwa razia tersebut dilakukan untuk membentengi masyarakat dari isu gerakan massa atau people power, juga sasaran orang yang diduga dapat mengganggu situasi kamtibmas.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk antisipasi ajakan pergerakan massa menuju ke Surabaya dan Jakarta yang menurut undang-undang jelas tidak dibenarkan,” terang Ujung.



Tak hanya itu saja, Ujung menegaskan bahwa razia juga ditujukan sebagai langkah untuk mengamankan kasus kejahatan yang diperkirakan semakin meningkat jelang hari raya Idul Fitri nanti.

“Besok kita akan laksanakan kembali dengan sasaran utama adalah bus yang mengangkut massa,” tandasnya.

Kegiatan ini juga diakui akan rutin dilaksanakan oleh pihak kepolisian setiap hari hingga tanggal 22 Mei mendatang.

Kemarin, ratusan kendaraan diperiksa, diantaranya 90 unit kendaraan roda empat, 25 unit mobil pickup, 25 truk, dan 2 buah bus, 15 unit Elf, 20 sepeda motor.

“Kita memeriksa terkait adanya bahan peledak, senjata tajam, senjata api, dan barang-barang lain yang dianggap mencurigakan,” tutup Ujung.

Dalam giat kemarin, tidak ditemukan sajam, namun polisi menilang, 12 kendaraan termasuk roda dua dan roda empat. Polres Malang juga mengamankan 1 Unit Elf pengangkut Rokok tanpa Cukai (Putihan) bernopol W 7253 X. Polres Malang juga tidak menemukan pergerakan massa yang menyasar orang yang hendak berangkat ke Jakarta, kemarin. Selama giat berlangsung, situasi aman tertib dan kondusif.

Hadir dalam giat kemarin Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung, SH, SIK, M. Si, Wakapolres Malang, Kompol Anggun Dedy Sisworo, SH, SIK, MIK, Kabag ops Polres Malang, Kompol Sunardi Riyono, Kasat Intelkal Polres Malang, AKP Imam Solikin, SH, Kasar Reskrim Polres Malang, AKP Adrian Wimbarda, Kasat Samapta Polres Malang, AKP Koesmindar, dan AKP William Thamrin Simatupang selaku Kasat Lantas Polres Malang. Berbagai Kapolsek juga turut hadir dalam giat ini.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Polres Malang
Penyunting: Fia