Tamu 12 Negara Belajar Bikin Abon dan Bakso

KOTA BATU – Sebanyak 13 tamu perwakilan dari 12 negara asal Afrika belajar tentang produksi ternak dan sayuran di Kota Batu.  Kemarin (6/9) mereka mengunjungi Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kota Batu. Selain belajar tentang produk olahan daging, mereka juga mencermati proses pengolahan susu hingga menjadi produk yang siap dipasarkan.

Mereka belajar ke Kota Batu atas undangan Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Pertanian (Kementan). Dan, 13 orang yang hadir berasal dari Afrika Selatan, Burkina Faso, Burundi, Ghana, Guinea Bissau, Kenya, Mozambik, Namibia, Nigeria, Sierra Leone, Tanzania, dan Zimbabwe.

Selama di Kota Batu, mereka melihat langsung produksi olahan daging serta prosesnya, prosedur pengolahan susu, hingga manajemennya. ”Mereka yang datang itu juga dari negara berkembang sama dengan kita. Tapi, soal produksi ternak dan sayur yang terbaik memang dari Indonesia. Karena itu, mereka diarahkan Kementan ke sini,” ujar Saiful Rahman, panitia pelaksana acara International Training on Processing Technology of Agricultural and Animal Husbandry Product for African Country.

Sebanyak 12 orang yang datang ini bukan petani maupun peternak, tapi manajer atau general manager pertanian dan peternakan di negaranya. ”Nantinya merekalah yang akan menularkan ilmu yang sudah didapat kepada para petani dan peternak di sana,” ungkapnya.

Untuk praktiknya sendiri, para peserta mengunjungi lab divisi pengolahan daging. Tim BBPP Kota Batu mengajarkan mereka untuk membuat abon dan bakso. ”Besok (hari ini) mereka diarahkan ke divisi pengolahan susu untuk diajarkan bagaimana membuat yoghurt, keju mozarella, dan cheese roll,” terangnya.



Rudy Rawendra, salah satu pemateri, mengungkapkan, kunjungan tersebut sekaligus sebagai tukar informasi tentang peternakan di Afrika dan Indonesia. ”Kami sharing tentang pasar dunia, bagaimana produksinya hingga potensi untuk 20 tahun ke depan. Ini juga untuk membantu pemerintah dalam menentukan harga daging di Indonesia,” ujar pria yang juga pernah menjabat sebagai kepala BBPP Kota Batu.

Sebelumnya, para peserta mengunjungi Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan di Kecamatan Lawang untuk belajar di sektor pertaniannya. Untuk kunjungan selanjutnya, mereka juga diarahkan mengunjungi Milkindo Green Farm di Desa Tegalsari, Kecamatan Kepanjen.

Pewarta: Octo Pratama
Copy Editor: Dwi Lindawati
Penyunting: Ahmad Yani
Foto: Falahi Mubarok