Tambahan Rombel PPDB SMPN Kota Batu Hanya Berlaku Sampai Hari Ini

Suasana PPDB di SMPN 4 Kota Batu

KOTA BATU – Kabar tambahan rombongan belajar (rombel) di SMPN 4 dan SMPN 6 Kota Batu pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Batu akhirnya dikonfirmasi. Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batu, Eny Rachyuningsih membenarkan kabar tersebut, siang tadi (19/6). Namun yang perlu diingat, di kabar sebelumnya pendaftaran dibuka sampai Kamis (20/6) tidak benar.

“Nggak nggak cuma sampai hari ini aja. Nggak sampai besok,” ujar Eny. Lebih lanjut Eny menjelaskan bahwa penambahan maksimal 2 rombel di kedua sekolah tersebut hanya untuk anak-anak yang telah mendaftar di kedua sekolah tersebut maksimal Selasa (18/6) baik pilihan pertama maupun pilihan kedua.

“Syaratnya anak sudah daftar di hari pertama atau kedua, kalau sekarang ya bisa membeludak,” tegasnya. Dari hasil rapat Disdik bersama Kepala SMPN se-Kota Batu memang 9 Kelurahan diberi kesempatan untuk masuk dalam rombel tambahan. Yakni Kelurahan Pendem, Bumiaji, Dadaprejo, Gunungsari, Sumberejo, Pesanggrahan, Songgokerto, Oro-oro Ombo, dan Tlekung.

“Dengan pertimbangan kami setelah rapat dengan kepsek (kepala sekolah) SMPN se-Kota Batu maka kami tambah rombel untuk di sekolah itu,” sambungnya. SMPN 4 Kota Batu semula membuka 7 rombel menjadi 9 rombel, sedangkan SMPN 6 semula 6 menjadi 8 rombel. 1 rombel maksimal 32 kursi. Itu berarti SMPN 6 Kota Batu dari semula 188 kursi menjadi 252 kursi. Sedangkan SMPN 4 Kota Batu daro 221 kursi menjadi 285 kursi.

Pertambahan rombel oleh Eny dikatakan sah-sah saja. “Selama daya tampungnya ada ya boleh. Kan maksimal satu sekolah 10 rombel, dua SMPN tersebut belum,” tambah Eny. Peraturan ini diakuinya sudah sesuai dengan Permendikbud No. 51 tahun 2018. “Ada surat perwalinya menunjuk pada Permendikbud,” imbuh dia.



Pendaftaran hari ini akan diumumkan secara resmi Jumat (21/6). Untuk siswa yang tidak diterima atau tidak sempat mendaftar Eny menganjurkan memilih sekolah swasta. Ada 22 SMP swasta yang tersebar di Kota Batu. Masalah biaya pun warga Kota Batu tak perlu risau. “Nggak mahal kok, kan di sini swasta sudah ada Bosda (biaya operasional sekolah daerah),” pungkasnya.

Pewarta: Rida Ayu
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: Mochamad Sadheli