Tambah Rest Area, Plot Rp 300 Juta

KEPANJEN – Tahun depan bakal ada yang berbeda di Kecamatan Kepanjen. Untuk kali pertama, Ibu Kota Kabupaten Malang itu bakal mempunyai rest area. Sinyal terhadap fasilitas baru tersebut dicuatkan PD Jasa Yasa. Yang mulai tahun ini menggeber renovasi di Pemandian Metro. Total ada dana Rp 300 juta yang mereka siapkan untuk menambah fasilitas di sana.

”Seluruh (dana)-nya murni dari penghasilan perusahaan (PD Jasa Yasa),” kata Direktur PD Jasa Yasa Ahmad Faiz Wildan. Berbagai fasilitas penunjang untuk rest area sudah disiapkan. Nantinya bakal ada deretan kios penjual makanan dan oleh-oleh khas Malang di sana. Kafe, spot selfie,  dan penginapan juga bakal dibangun. ”Jadi, yang datang ke sana (Pemandian Metro) tidak hanya untuk berenang. Bisa juga berbelanja maupun foto-foto,” imbuhnya.

Keputusan untuk merenovasi Pemandian Metro dilakukan mereka untuk menggenjot pendapatan. Karena jika mengandalkan fasilitas kolam renang saja, kebutuhan operasional kabarnya tidak tertutupi. ”Makanya dengan adanya unit-unit usaha penunjang itu diharapkan bisa menutup biaya operasional. Bisa juga menambah pendapatan daerah,” tambah Wildan. Lokasi itu bakal menjadi rest area kesekian yang dimiliki Kabupaten Malang. Sebelumnya sudah ada rest area di Karangploso dan Gubugklakah.

 

Pewarta: Farik Fajarwati
Penyunting: Bayu Mulya
Foto: Falahi Mubarok