Tambah Ambulan Gratis, PSC 119 Siap Layani Masyarakat Malang Raya

KOTA MALANG – Dinas Kesehatan Kota Malang merencanakan bakal menambah satu lagi ambulan gratis lewat Public Safety Center (PSC) 119, sebuah pelayanan publik yang menangani berbagai kebutuhan mendesak masyarakat di Kota Malang seperti pasien kecelakaan di jalan maupun ibu melahirkan. Hal itu menyusul makin banyaknya laporan di jalan tentang kebutuhan ambulan.

“24 jam, gratis, siap sama supirnya, kita merencanakan, di acc sama pemkot sudah,” ungkap drg. Wahyu, Kasi Pelayanan Rujukan, Dinas Kesehatan Kota Malang seusai acara Mini Lokakarya Tribulan Lintas Sektor di Puskesmas Kendalkerep, Kota Malang, Kamis, (22/11).

Untuk diketahui PSC sendiri dibentuk awalnya karena ada sekelompok relawan yang menjalankan 2 ambulans bekas dinas dari Dinas Kesehatan. “Untuk kemudian Dinas Kesehatan yang merangkul kami, membiayai dan memfasilitasinya,” papar Dhana Setiawan, Korlap PSC 119.

Seiring berjalannya waktu, PSC 119 terus bertambah besar, setelah kemarin menambah ambulan baru, rencananya nanti mereka akan menambah lagi ambulan untuk operasional agar lebih cepat menangani masyarakat di Kota Malang yang membutuhkan.

“PSC kan ambulannya 3, nanti kemungkinan nambah lagi, ancang ancang kedepan nanti masyarakat kan tambah banyak, apalagi waktu weekend yang ke Malang banyak,” tambah Wahyu lagi.

Dengan personel yang tergabung berjumlah 6 driver, 2 perawat dan 1 bidan mereka yakin mampu membantu masyarakat Kota Malang. Markas komando PSC sendiri berada di Jalan Karya Timur no. 10 Kantor PPKO Lantai 3 dengan nomor telepon 08113664119 atau di 0341475999. “Masyarakat jangan sungkan sungkan, silahkan telepon jika membutuhkan,” ungkap Wahyu.

Pewarta: Elfran Vido
Penyunting: Kholid Amrullah
Foto: PSC 119