Taman Keceh, Wisata Rakyat Berbiaya Receh

KOTA MALANG – Destinasi wisata Kota Malang kini bertambah satu lagi, bertempat di Jalan Jaksa Agung Suprapto Gang 1 kolam kecil bernama Taman Keceh. Sesuai namanya, keceh (bermain air), wisata ini menawarkan wisata kolam air yang diperuntukkan bagi anak-anak.

“Awalnya itu dari air sumber yang selalu terbuang. Jadi terkadang dipakai masyarakat untuk mandi,” jelas Wakil Ketua Pengurus Taman Keceh, Totok Susanto.

Ia mengungkapkan, selain dimanfaatkan untuk mandi, tak sedikit pula anak-anak yang bermain (keceh) di pembuangan air sumber tersebut sehingga masyarakat berinisiatif untuk membuat kolam kecil yang bisa dimanfaatkan oleh anak warga sekitar.

Totok menjelaskan, Taman Keceh dibuat sejak enam bulan yang lalu. Antusiasme penggunanya pun tinggi, dalam sehari setidaknya ada 50 pengunjung di kolam itu.

“Kalau liburan bahkan bisa sampai 100 pengunjung. Bahkan kami pernah sampai harus menguras air di kolam sehabis maghrib karena terkadang masih ada yang mandi saat tarawih,” jelas Totok.



Wisata sederhana nan murah meriah ini diakui membawa banyak berkah. Pasalnya, kolam tersebut efektif mengurangi kecanduang gadget pada anak-anak di lingkungan Taman Keceh. Selain itu, masyarakat sekitar pun terbantu perekonomiannya dengan membuka kios-kios makanan disekitar kolam.

“Kami tidak menarik tarif bagi yang hendak berkunjung. Berapapun akan kami terima,” jelas Totok.

Ia menambahkan hasil dari donasi dari masyarakat yang berkunjung itu nantinya akan dikumpulkan untuk pembangunan Taman Keceh. “Kami masih butuh pengaman untuk plengsengan, pelebaran kolam, dan fasilitas lainya,” tandasnya.

Pewarta : Choirul Anwar
Foto : Choirul Anwar
Penyunting: Fia