Taman Gandrung Terakota, Venue Jazz Gunung Ijen yang Ikonik

RADARMALANGID – Tinggal 1 hari saja menjelang gelaran Jazz Gunung Ijen 2019, yakni pada Sabtu, 21 September 2019. Konser jazz bertaraf internasional ini menghadirkan Tompi, Yura Yunita, Parkdrive, Ring of Fire Project, MLD Jazz Project, Bintang Mencari Bintang, dan Lalare Orkestra.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Jazz Gunung Ijen selalu digelar di amfiteater Taman Gandrung Terakota, Jiwa Jawa Resort Ijen, Banyuwangi. Menilik dari Taman Gandrung Terakota, tempat ini merupakan ikon pariwisata Banyuwangi. Dengan pemandangan latar belakang kawasan persawahan di ketinggian di atas 600 mdpl.

Taman Gandrung Terakota juga menyimpan ratusan patung terakota berwujud penari Gandrung, tarian khas Banyuwangi. Selain itu, tempat ikonik ini juga dekat dengan Gunung Ijen yang kawahnya memancarkan api biru (blue flame) yang mendunia.

Taman Gandrung Terakota memiliki kapasitas hanya 800 orang, sehingga penonton bisa berinteraksi secara intim dengan para musisi.

Lebih lanjut, terdapat hal-hal unik dari Jazz Gunung Ijen ini. Awalnya, sebelum tahun 2018 Jazz Gunung Ijen memiliki nama Ijen Summer Jazz. Fakta menarik lainnya adalah Jazz Gunung Ijen juga diselenggarakan oleh tim yang sama dengan Jazz Gunung Bromo.

Jazz Gunung Ijen ini akan menjadi penutup rangkaian Jazz Gunung pada tahun ini, setelah Jazz Gunung Bromo yang sukses digelar pada bulan Juli lalu.

Penulis: Elsa Yuni Kartika
Foto: Istimewa
Editor: Indra M