Takut Jadi Buronan, Dua Pelaku Pembunuhan Menyerahkan Diri

JawaPos.com – Dua terduga pelaku pembunuhan terhadap Sudarmono alias Ucok Klewang, 40, menyerahkan diri ke Polsek Bagan Sinembah, Selasa (29/1). Mereka adalah Rizky Satriya, 24, dan Surya Irwansyah, 27.

Kapolres Rokan Hilir (Rohil), AKBP Sigit Adiwuryanto mengatakan, keduanya menyerahkan diri karena tidak nyaman menjadi buronan polisi.

“Mereka sempat melarikan diri keluar kota. Naik bus menuju Pekanbaru. Tapi selama di perjalanan, mereka merasa cemas dan tidak nyaman. Akhirnya timbul niat untuk menyerahkan diri ke Polsek,” kata Kapolres, Rabu (30/1) petang.

Polisi memang sudah menetapkan keduanya dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) atas kematian Ucok Klewang, warga Kampung Harapan, Kelurahan Bagan Sinembah Kota, Kecamatan Bagan Sinembah Raya, Kabupaten Rohil, Riau.



AKBP Sigit mengungkapkan, kedua pelaku yang telah berada di bus ini turun di Simpang Benar. Kemudian, mereka menumpangi bus Batang Pane dengan tujuan kembali ke Bagan Batu.

“Anggota Polsek sudah menunggu di Simpang Pujud. Mereka dibawa ke Mapolsek dan dilakukan interogasi,” ujarnya.

Dari hasil pemeriksaan, kedua pelaku yang merupakan pemilik usaha ternak ayam potong mengakui telah ikut serta menghabisi nyawa Ucok Klewang dengan 3 pelaku lainnya.

“Jadi mereka dihasut oleh otak pelaku bernama Ramli untuk memberi pelajaran kepada korban,” sebutnya.

Sebab, korban selama ini yang dikenal sebagai preman setempat yang sering meresahkan warga. “Ramli memberikan upah kepada SI sebelum melakukan dan sesudah aksinya. Kini, Ramli masih dilakukan pengejaran,” kata dia.

Sebelum kedua pelaku ini menyerahkan diri, polisi sudah terlebih dahulu mengamankan 2 pelaku lainnya. Mereka adalah, Suparjo Efendi, 44, dan Supriyanto, 34. Suparjo terpaksa dilumpuhkan karena mencoba melarikan diri dari petugas.

Untuk diketahui, penemuan jasad korban dilaporkan ke polisi oleh Sugito selaku Ketua RT 09 RW 05, Kelurahan Bagan Sinembah Kota, Senin (28/1) sekitar pukul 15.30 WIB. Saat itu, Sugito mendapatkan informasi dari warga bahwa ada sesosok mayat pria yang ditemukan di perkebunan sawit. Saat ditemukan, kondisinya penuh luka lebam.

Editor           : Budi Warsito

Reporter      : Virda Elisya